Efektifitas Penggunaan Media Google Classroom pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di Mts Yafalah Ginggang Tani Kec.Gubug Kab.Grobogan

Hartati, Linda Sri (2021) Efektifitas Penggunaan Media Google Classroom pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di Mts Yafalah Ginggang Tani Kec.Gubug Kab.Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (534kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (293kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (621kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (354kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)

Abstract

Peneliti ini bertujuan 1.Untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak berbasis google classroom di MTs Yafalah Ginggang Tani. 2.Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran online aqidah akhlak berbasis google classroom terhadap belajar siswa kelas VIII MTs Yafalah Ginggang Tani. 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran di MTs Yafalah Ginggang Tani. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian field research. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu Kepala madrasah, Guru mapel, dan peserta didik. Sumber data meliputi sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi , wawancara, dan dokumentasi. pengujian keabsahan data meliputi uji kreadibilitas, transferability, dependability, dan confirmability. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari data reduction, data display dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.Mekanisme pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak berbasis google classroom di MTs Yafalah Ginggang Tani dilakukan dengan cara sebagai berikut: Buka classroom.google.com, lalu klik buka classroom,Masukkan alamat email akun classroom, lalu klik berikutya,Masukkan sandi, lalu klik berikutnya,Jika ada pesan selamat datang, tinjau pesan tersebut,lalu klik Terima,Jika menggunakan akun google workspace for education, klik saya seorang siswa atau saya seorang pengajar. tetapi jika masuknya menggunaan akun pridadi maka tidak aka nada pilihan seperti itu, karena pilihan siswa atau seorang pengajar biasanya muncul jika masuk dengan menggunakan akun sekolah. Selanjutnya cara mengakses area classroom sebagai berikut: Buka menu untuk mengakses.Pilih kelas, untuk membuka kelas.Pilih kalender, untuk melihat jadwal batas penggumpulan tugas dan mengakses item,Pilih daftar tugas, utuk meninjau tugas kelas,Pilih setelan, untuk mengatur akun seperti ingin mengganti foto,nama,sandi dan notifikasi.2.Efektivitas pembelajaraan online aqidah akhlak berbasis google classroom terhadap belajar siswa kelas VIII MTs Yafalah Ginggang Tani Sangat efektif untuk proses pembelajaran yang di terapkan untuk para siswa-siswi di Mts Yafalah Ginggang tani kec.Gubug kab.Grobogan.3.Faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran di MTs Yafalah Ginggang Tani sebagai berikut: Faktor pendukungnya adalah: Guru mapel, wali kelas, orang tua/wali murid dan pengurus pondok. Faktor penghambatnya adalah: fasilitas dan letak geografis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Google Classroom, Pembelajaran Aqidah akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Dec 2021 03:08
Last Modified: 24 Dec 2021 03:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6230

Actions (login required)

View Item View Item