Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Pada Siswa Kelas VIII MTs Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi

Kusumawati, Rizqi Warih (2021) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Pada Siswa Kelas VIII MTs Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Islamiyah dalam pemecahan masalah matematika Berdasarkan Teori Polya. Teknik pengambilan data yaitu purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah studi kasus yang termasuk dalam lingkungan penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer diperoleh dari pendidik dan anak didik kelas VIII-B sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen lembaga. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian ini yang pertama, yaitu menunjukkan bahwa model penyekoran tingkat kemampuan berpikir kritis berdasarkan teori Polya ini efektif. Dilihat dari hasil presentase, diperoleh bahwa 8,7% tingkat kemampuan berpikir kritis matematika tinggi, 30,4% tingkat kemampuan berpikir kritis matematika sedang, 43,4% tingkat kemampuan berpikir kritis matematika rendah, 17,4% tingkat kemampuan berpikir kritis matematika sangat rendah. Maka dari penilaian presentase tersebut dapat disimpulkan bahwa keseluruhan siswa yang mengikuti tes kemampuan berpikir kritis tinggi dan sedang adalah 39,1% memperoleh nilai > 65, siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah dan sangat rendah adalah 62,8% memperoleh nilai <65. Kedua, Faktor kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah hal yang ditanyakan, dalam menuliskan jawaban, siswa tidak memahami dengan permasalahan yang ada pada soal, siswa jarang sekali berlatih mengerjakan soal, siswa tidak mengetahui banyaknya rumus-rumus subsitusi, eliminasi, maupun campuran, siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika, siswa kurang fokus dan kurang teliti dalam mengerjakan soal, siswa bingung ketika harus menarik kesimpulan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah Matematika, Teori Polya
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika
Divisions: Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 24 Dec 2021 04:04
Last Modified: 24 Dec 2021 04:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6232

Actions (login required)

View Item View Item