Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Movie Learning Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP 2 Jekulo Kudus 2019/2020

Adi, Fitri (2021) Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Movie Learning Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP 2 Jekulo Kudus 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB 111.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (455kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (489kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) menggambarkan bagaimana penerapan media pembelajaran audio visual Movie Learning (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan media pembelajaran audio visual Movie Learning (3) mengetahui hasil dari penerapan media pembelajaran audio visual Movie Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang peneliti gali yaitu sumber data primer dan data sekunder. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pengampu mata pelajaran IPS, serta siswa kelas VII B di SMP 2 Jekulo Kudus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,dokementasi dan wawancara. kemudian di uji keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, uji peningkatan, ketekunan, menggunakan referensi, dan triangulasi. Kemudian masuk pada tahap reduksi data, display data dan verifikasi data atau menarik kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Movie Learning Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP 2 Jekulo Kudus (1) penerapan media pembelajaran melalui tiga tahapan yaitu perencenaan, penyajian, dan evaluasi. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penerapan media pembelajaran yaitu faktor pendukung dilihat dari segi internal yang meliputi dari intelegensi siswa dan motivasi belajar siswa, faktor eksternal yang meliputi guru yang kompeten, sarana prasarana. faktor penghambat yang meliputi faktor internal yaitu kurangnya rasa percaya diri dalam diri siswa dan sifat malas siswa, faktor eksternal yang terdiri dari ramainyanya suasana dikelas maupun diluar kelas dan adanya kerusakan sarana prasarana. (3) hasil dari penerapan media pembelajaran audio visual yaitu meningkatkan minat belajar IPS dengan acuan indikator-indikator peningkatan minat belajar IPS, adanya peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan berfikir siswa saat proses pembelajaran berlangsung cukup efektif dan kondusif, siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan aktif, ikut berpartisipasi pada sesi tanya jawab dan antusias dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Movie Learning, Minat Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Mata Pelajaran Lain (IPS, Musik, Sejarah, Geografi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Dec 2021 08:27
Last Modified: 29 Dec 2021 08:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6274

Actions (login required)

View Item View Item