Implementasi Model Pembelajaran pada Anak Tunarungu di SMP SLB B YASPENLUB Demak Tahun pelajaran 2019/2020

Solikatun, Anis (2021) Implementasi Model Pembelajaran pada Anak Tunarungu di SMP SLB B YASPENLUB Demak Tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (301kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (186kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (244kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh model-model pembelajaran PAI yang sesuai Anak Tunarungu. Model pembelajaran yang digunakan pendidik harus sesuai dengan kondisi Anak Tunarungu. Karena Anak Tunarungu memiliki pendengaran yang tidak berfungsi secara baik dan memiliki hambatan dalam berkomunikasi. Ketika pendidik memberikan model pembelajaran yang tidak sesuai maka tidak akan tercapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, guru PAI harus paham model pembelajaran yang sesuai agar Anak Tunarungu mampu menangkap dan memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui implementasi strategi pembelajaran PAI di SMP SLB B YASPENLUB Demak, 2) Mengetahui pendekatan dan teknik pembelajaran PAI di SMP SLB B YASPENLUB Demak, 3) Mengetahui kendala dan solusi pelaksanaan pembelajaran PAI di SMP SLB B YASPENLUB Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam ini menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, tringulasi,bahan referensi dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi strategi pembelajaran PAI di SMP SLB B YASPENLUB Demak disesuaikan dengan kerangka (Rpp) dan Silabus. Model-model pembelajaran PAI meliputi Konstektual, Deduktif dan Strategi pembelajaran langsung yang bersistem Teacher Center Learning (TCL). Ketiga strategi pembelajaran tersebut merupakan strategi unggulan yang dipakai di SMP SLB B YASPENLUB Demak. Karena dianggap sesuai dengan kondisi Anak Tunarungu; 2) Pendekatan dan teknik pembelajaran PAI di SMP SLB B YASPENLUB Demak meliputi pendekatan individual, pendekatan saintifik dan pendekatan bervariasi. Ketiga pendekatan tersebut dipakai oleh guru PAI karena mampu memecahkan permasalahan dari Anak Tunarungu; 3) Kendala dan Solusi pembelajaran PAI di SMP SLB B YASPENLUB Demak meliputi kendala peserta didik, kendala kompetensi guru, kendala orang tua dan kendala lingkungan sekolah. Masing-masing kendala yang ada dapat diatasi dengan menggunakan metode yang sesuai Anak Tunarungu, pendidik memberiakan pemahaman kepada Anak Tunarungu, menyampaikan materi dengan simple dan jelas agar Anak Tunarungu mudah menangkap dan memahami, dan membuat suasana menjadi tenang dan nyaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model-model pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Anak Tunarungu
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:40
Last Modified: 30 Dec 2021 02:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6292

Actions (login required)

View Item View Item