Strategi Komunikasi Wartawan Media Online Jurnal Pantura.id dalam Menghasilkan Berita

Aini, Novita Nur (2021) Strategi Komunikasi Wartawan Media Online Jurnal Pantura.id dalam Menghasilkan Berita. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Judul - Kata Pengantar.pdf

Download (932kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (137kB)
[img] Text
3. Daftar isi.pdf

Download (146kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (542kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (276kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (353kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (141kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB)

Abstract

Dalam sebuah komunukasi pasti membutuhkan media, karena media merupakan bagian yang paling penting dalam unsur komunikasi. Salah Satu media online yang hadir untuk memberikan informasi dan berita kepada masyarakat adalah Media Online Jurnal Pantura.id. yang menyebarkan berita di sekitar Pantura (Pantai Utara Pulau Jawa). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi wartawan serta faktor yang mendukung dan menghambat wartawan media online Jurnal Pantura.id dalam menghasilkan berita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dimana peneliti berusaha untuk memberikan gambaran, mendeskripsikan, memaparkan, dan menjelaskan tentang strategi komunikasi yang digunakan wartawan serta faktor yang mendukung dan menghambat wartawan media online Jurnal pantura.id dalam menghasilkan berita. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipatif, wawancara semi-struktur, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis datanya menggunakan teori strategi komunikasi menurut Anwar Arifin. Dimana strategi komunikasi yang digunakan wartawan Jurnal Pantura.id dalam menghasilkan berita sesuai dengan strategi komunikasi menurut Anwar Arifin yang meliputi strategi penyusunan pesan, strategi memilih dan menetapkan komunikator, strategi penentuan konteks fisik, dan strategi pencapaian efek. Hasil penelitian ini menemukan beberapa strategi-strategi yang digunakan dalam proses peliputan berita antara lain (1) Strategi pra liputan yang meliputi menentukan dan memahami topik berita, menentukan dan menghubungi narasumber, mengetahui latar belakang narasumber, mempersiapkan peralatan dan perlengkapan, membuat dan menyiapkan teks wawancara. (2) Strategi pelaksanaan liputan meliputi observasi secara langsung ke lapangan, wawancara secara langsung di lapangan, wawancara melalui telepon. (3) Strategi pasca liputan meliputi membuat berita dan strategi membagikan berita melalui website maupun media sosial Jurnal pantura.id. Adapun faktor yang mendukung wartawan Jurnal Pantura.id dalam menghasilkan berita yaitu peralatan yang memadai, mempunyai banyak teman atau relasi, mempunyai pengalaman menjadi wartawan, dan mengadakan rapat sebelum liputan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu narasumber yang sulit ditemui, narasumber yang tidak cakap dalam berbicara atau berbelit-belit, lokasi liputan yang sulit dijangkau, batas akhir pengumpulan berita (deadline), dan hasil liputan yang tidak sesuai dengan kenyataan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Media Online Jurnal Pantura.id, Peliputan Berita
Subjects: 000 Ilmu Komputer, Informasi, Karya Umum > 070 Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jan 2022 02:13
Last Modified: 04 Jan 2022 02:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6296

Actions (login required)

View Item View Item