Tathbiq Kitab Tijan Ad-Durari Fi Ta'lim An-Nahwu Bi Istikhdam Thariqah Al Ibtida'i Fi Al Fashl Al Sab' Bi Al madrasah Al Mutawasithah Al Islamiyah Nurul Islam Kriyan Al Sanah Al Dirasiyah 2020/2021

Ahza, Muhammad Mufaz (2021) Tathbiq Kitab Tijan Ad-Durari Fi Ta'lim An-Nahwu Bi Istikhdam Thariqah Al Ibtida'i Fi Al Fashl Al Sab' Bi Al madrasah Al Mutawasithah Al Islamiyah Nurul Islam Kriyan Al Sanah Al Dirasiyah 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover - kata pengantar.pdf

Download (853kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (559kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (593kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (818kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (689kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (547kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (609kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan implementasi kitab tijan ad-durari dalam pembelajaran nahwu menggunakan metode ibtida’i pada kelas tujuh di mts nurul islam kriyan kalinyamatan jepara, kelebihan dan kekurangan dari implementasi kitab tijan ad-durari dalam pembelajaran nahwu menggunakan metode ibtida’i pada kelas tujuh di Mts Nurul Islam Kriyan tahun ajaran 2020/2021 M. Penelitian termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Penelitian ini juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menguji keabsahan data dengan melaksanakan validasi data melalui tehnik trianggulasi data dan sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)kitab metode ibtida’I merupakan program unggulan di mts nurul islam dan mata pelajaran mulok. Adapun penerapannya yaitu hari pertama ustadz hanya mengajarkan syi’ir/ nadhoman saja karangan kh. Mudhoffar fathurrahman al hajj dan menjelaskan fungsi kitab yang dipegang santri, hari kedua dan ketiga ustadz menerangkan seperti pertama dan menugasinya setoran hafalan syi’ir, kemudian memberi pertanya’an- pertanya’an, hari ke empat melanjutkan pelajarannya yaitu mulai membaca materi dan menjelaskan tarkib yang ada didalam berupa posisi/ susunan lafadz/ menjadi apa, yang akan dijawab dengan huruf/ kode /singkatan yang dilingkari. Dan hari berikutnya ustadz menjelaskan makna gandul yang terkandung didalam kitab tijan ad-durari setelah itu murid dipanggil satu persatu secara bergantian untuk maju sorogan didepan ustadz. Ada tiga bentuk evaluasi terkait pembelajaran kitab tijan ad-durari menggunakan metode ibtida’i yaitu evalusi mingguan, ulangan semester, dan ujian madrasah. evaluasi mingguan bentuknya siswa maju kedapan dengan metode sorogan menggunakan kitab gundul (tanpa harokat dan makna) metode ibtida’I, sedangkan ulangan semester dan ujian madrasah dengan bentuk soalnya adalah tes tertulis essay dengan nilai standar kkm 70. 2) adapun kelebihan dari implementasi kitab tersebut diantaranya: a)materi sangat mudah sebab anak didik tidak merasa terbebani dengan hafalan yang berat, waktu dan energi belajar sekolah formal masih tersisa lebih, b)siswa menjadi lebih aktif, komunikatif, dan dialogis, dan dapat menjadi guru bagi teman-temannya. c)Siswa dapat menulis, membaca, dan memahami teks arab pegon, dan bagi siswa yang sudah pernah belajar akan semakin mahir dalam menulis arab pegon sehingga dapat menjaga eksistensi tulisan arab pegon sampai generasi mendatang. Adapun beberapa kekurangan dari implementasi kitab metode ini diantaranya: a)Ilmu nahwu yang didapat siswa dari pembelajaran kitab tersebut masih belum cukup untuk digunakan dalam memahami kitab-kitab yang besar, b)Siswa kadang masih kesulitan memahami fa’il yang terutama berbentuk dhomir yang tak terlihat (mustatir), serta keterbatasan mufradat siswa yang membuat kesulitan membaca kalimat yang jarang didengar, c)Sebagian siswa masih ada yang merasa kesulitan memahami teks bahasa jawa arab pegon, apalagi siswa yang bukan berasal dari jawa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Ibtida’i, Pembelajaran Nahwu, Maharah Qira’ah
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an > Ilmu Qiraat
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:11
Last Modified: 04 Jan 2022 03:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6300

Actions (login required)

View Item View Item