Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Media Edmodo Pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MA Abadiyah Gabus Tahun Ajaran 2020/2021

Sugiwati, Sugiwati (2021) Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Media Edmodo Pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MA Abadiyah Gabus Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan (1) untuk mengetahui seberapa baik keterlaksanaan model pembelajaran Project Based Learning berbasis media Edmodo di MA Abadiyah gabus, (2) untuk mengetahui seberapa baik kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI MA Abadiyah Gabus, (3) untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbasis media Edmodo terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa MA Abadiyah Gabus. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantiatif dan desain penelitiannya yaitu posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI MA Abadiyah Gabus yang berjumlah 54 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dan diperoleh kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 2 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Adapun data diambil dengan menggunakan teknik lembar observasi, kuesioner, dan tes soal essay kemampuan berpikir kreatif. Data dianalis menggunakan uji maan- whitney U test, sebelum memberikan perlakukan kepada sampel terlebih dahulu dilakukan uji keseimbangan untuk mengetahui apakah kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama atau tidak dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa berdasarkan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Project Based Learning berbasis media Edmodo mendapatkan skor presentase 80%, Sedangkan respon siswa dengan kriteria Kurang baik dan sangat kurang masing-masing mendapat presentase sebanyak 4%. Hasil kemampuan berpikir kreatif dengan kriteria kemampuan berpikir kreatif sangat baik banyak terdapat di kelas eksperimen yaitu dari 25 siswa ada 20 siswa, sedangkan di kelas kontrol dari 29 siswa ada 16 siswa. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif dengan kriteria baik banyak terdapat di kelas kontrol dari 29 siswa yaitu ada 11 siswa, sedangkan di kelas eksperimen dari 25 siswa ada 5 siswa. Pada kelas kontrol ada 1 siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif dengan kriteria cukup. Pada kelas eksperimen tidak ada siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif yang kurang, sedangkan di kelas kontrol ada 1 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif yang kurang. Pada kategori sangat kurang dari kedua kelas tidak ada siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif yang sangat kurang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji maan whitney U test diperoleh bahwa nilai Asymp.sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0,001 sehingga lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05. Oleh karena itu, sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji maan whitney dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima karena (0,001 < 0,05). Hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbasis media Edmodo berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa MA Abadiyah Gabus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Media Edmodo, Kemampuan berpikir kreatif siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:31
Last Modified: 04 Jan 2022 03:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6304

Actions (login required)

View Item View Item