Implementasi Model Berkomunikasi Rasulullah Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Al Azhar Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021)

Wardani, Nanik (2021) Implementasi Model Berkomunikasi Rasulullah Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Al Azhar Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (496kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (641kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (295kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (418kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Penerapan Metode Pendidikan Profetik di TK Al Azhar Jekulo Kudus, 2) Hambatan dan solusi dalam penerapan Metode Pendidikan Profetik di TK Al Azhar Jekulo Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan Metode Pendidikan Profetik Pada Anak Usia Dini di TK Al Azhar Jekulo Kudus, penerapan metode pendidikan profetik sangatlah tepat, sesuai dengan visi dari didirikannya TK Al Azhar yaitu Menyiapkan generasi sholeh, cerdas, ceria, cermat, jujur dan berakhlaq mulia. Untuk mencapai maksud dan tujuan dari visi tersebut diperlukan cara atau teknik yang tepat. Nilai Liberasi ini tergambar pada saat penerimaan siswa baru, sekolah memberikan kebebasan bagi seluruh peserta didik dari strata sosial manapun, sekolah juga menerima anak berkebutuhan khusus, dan bagi anak yatim, piatu, yatim piatu digratiskan biaya sekolahnya. Nilai yang terakhir yang menjadi penyeimbang antara pendidikan umum yaitu nilai Transendensi tergambar pada beberapa aktivitas yang peserta didik lakukan seperti melakukan sholat berjama’ah, membiasakan anak membaca do’a pada kegiatan sebelum dan sesudah makan, masuk dan keluar kamar mandi, sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, pengenalan tahfidz dalam membentuk generasi yang cinta Al Qur’an, pembagian santunan di bulan muharram, dan pengumpulan zakat di bulan puasa dan lain sebagainya. (2) Hambatan dan solusi dalam penerapan metode profetik pada anak usia dini di TK Al Azhar, hambatan yang biasa terjadi adalah tidak adanya penyeimbang antara apa yang telah diajarkan oleh pendidik di sekolah dengan kebiasaan saat dirumah yang kurang diperhatikan oleh orang tua. Status sosial yang berbeda dari setiap peserta dilihat dari cara mendidik yang dilakukan oleh orang tua yang mempunyai pendidikan tinggi dengan orang tua yang hanya lulusan Sekolah Dasar. Hal ini yang membuat pendidik bekerja keras untuk bisa menyeimbangkan antara anak yang berstatus sosial tinggi dan yang berstatus sosial rendah. Hambatan-hambatan ini diselesaikan dengan adanya pertemuan rutin seluruh keluarga besar TK Al Azhar. Dan pertemuan ini diadakan seminggu sekali dan sebulan sekali. Mengadakan parenting untuk seluruh keluarga besar TK Al Azhar. Selain itu semua pendidik diwajibkan untuk menyetor bacaan Al Qur’an dan membaca surat Al Waqiah, serta bacaan surat Al Ikhlas 11 kali yang pahalanya diperuntuk bagi peserta didik semoga dipermudah dalam menuntut ilmu, dan untuk pendidik diberi kesabaran dalam mendidik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pendidikan Profetik, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:00
Last Modified: 05 Jan 2022 03:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6314

Actions (login required)

View Item View Item