Saputro, Ihsan Tresno (2021) Peran Bimbingan Orang Tua Bagi Remaja yang Bermain Game Online di Dukuh Pondok Desa Karangnongko Kecamatan Nalumsari Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) |
|
Text
04 BAB I OKE.pdf Download (175kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (134kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (115kB) |
|
Text
07 BAB IV OKE.pdf Download (252kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (76kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA OKE.pdf Download (80kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui kondisi psikologi remaja yang bermain game online di Dukuh Pondok Desa Karangnongko. (2) Untuk dapat mengetahui dampak positif dan dampak negatif bagi remaja yang bermain game online di Dukuh Pondok Desa Karangnongko. (3) Untuk dapat mengetahui peran orang dalam membimbing remaja yang bermain game online di Dukuh Pondok Desa Karangnongko. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa remaja yang bermain game online memiliki kondisi psikologi yang berbeda-beda, kondisi tersebut dapat menjadikan remaja menjadi pemalas, interaksi dengan keluarga terganggu dan membuat emosi menjadi tidak stabil. Selain itu dalam bermain game online ada juga dampak positif serta dampak negatif bagi remaja yang sering bermain game online, yakni dampak positif tersebut adalah dapat mempererat tali silahturahmi, dapat berinteraksi dengan orang lain dan memberikan perasaan senang saat bermain. Sedangkan dampak negatif dari game online diantaranya remaja sering lupa waktu, kesehatan menjadi menurun dan menghabiskan uang mereka untuk membeli fitur-fitur yang baru di game online. Peran orang tua dalam memberikan bimbingan terhadap remaja yang bermain game online disini sangat dibutuhkan karena dapat mengurangi remaja yang mulai kecanduan terhadap game online yaitu diantaranya memberikan teguran, menasehati, serta memberikan kesibukan bagi remaja-remaja tersebut
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Remaja, Kecanduan, Bermain, Game Online |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 03:05 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 03:05 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6315 |
Actions (login required)
View Item |