Rahmawati, Nur (2017) PENDEKATAN KLARIFIKASI NILAI DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NU BAITUL MUKMININ TAHUN PELAJARAN 2015/2016”. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (913kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (931kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (966kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (870kB) |
|
Text
9. DAFTRA PUSTAKA.pdf Download (987kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) alasan diterapkannya pendekatan klarifikasi nilai dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Baitul Mukminin Getas Pejaten Jati Kudus tahun pelajaran 2015/2016. 2) langkah-langkah pendekatan klarifikasi nilai dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Baitul Mukminin Getas Pejaten Jati Kudus tahun pelajaran 2015/2016. 3) Sejauh mana hasil pendekatan klarifikasi nilai dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Baitul Mukminin Getas Pejaten Jati Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian fieid research pada kelas VIII A & B. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Adanya instuksi dari Kepala madrasah untuk guru merealisasikan pendekatan pembelajaran modern yaitu Pendekatan Klarifikasi Nilai ketika diadakan hasil rapat bersama (dewan guru), seiring dengan perkembangan zaman dengan pendekatan-pendekatan sebelumnya akhirnya muncul yang namanya pendekatan pembelajaran modern, dalam hal ini karena ada modifikasi dalam pembelajaran dan tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung prsoses pembelajaran, seperti: LCD, Proyektor, layar, dan speaker untuk laptop guru membawa sendiri. 2) Langkah-langkah Pendekatan Klarifikasi Nilai pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII semester ganjil di MTs NU Baitul Mukminin Getas Pejaten Jati Kudus, setelah dianalisis adalah bahwa dalam langkah-langkah pembelajaran pendekatan klarifikasi nilai sama dengan yang ada pada langkah proses pembelajaran Akidah Akhlak didalam RPP, yaitu: pertama langkah perencanaan yang diisi dengan pembuatan prota (Program Tahunan), promes (Program Semester), silabus, dan RPP. Yang kedua dilanjutkan pada langkah kegiatan pembelajaran (Pelaksanaan pembelajaran) yang diisi dengan kegiatan pendahuluan (apersepsi), kegiatan inti dengan rincian: mengamati, menanya, eksplorasi/eksperimen, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Kemudian yang ketiga dilanjutkan dengan kegiatan penutup, dan langkah evaluasi pembelajaran. 3) Hasil Pendekatan Klarifikasi Nilai dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Baitul Mukminin Getas Pejaten Jati Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016, yaitu sangat meningkat dan semakin aktif. Dan pada akhirnya tercipta lingkungan pembelajaran yang efektif, efesien dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Klarifikasi Nilai; Kemandirian Belajar; Akidah Akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Feb 2017 03:34 |
Last Modified: | 18 Feb 2017 03:34 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/633 |
Actions (login required)
View Item |