Efektivitas pembelajaran blended learning pada penerapan aspek nilai agama dan moral di RA Miftahul Huda Sidomulyo Jakenan Pati Tahun 2020/2021

Zakiyatussalma, Zakiyatussalma (2021) Efektivitas pembelajaran blended learning pada penerapan aspek nilai agama dan moral di RA Miftahul Huda Sidomulyo Jakenan Pati Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (572kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (473kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (539kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (508kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (536kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (410kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)

Abstract

Penelitian ini untuk merumuskan 1) Mengetahui Pembelajaran daring dengan metode blanded learning, 2) mengetahui penerapan kurikulum aspek nilai agama dan moral, dan 3) Mengetahui efektifitas pembelajaran daring dengan metode blanded learning serta penerapan aspek nilai agama dan moral di RA Miftahul Huda Desa Sidomulyo Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian yaitu untuk 1) Mendapatkan deskripsi mendalam mengenai efektivitas pembelajaran daring dengan metode blended learning serta penerapan aspek agama dan moral, 2) Mengetahui penerapan kurikulum dalam penggunaan penerapan aspek nilai-nilai agama dan moral, dan 3) Mengetahui pembelajaran daring dengan metode blended learning pada penerapan aspek nilai agama dan modal di RA Miftahul Huda Desa Sidomulyo Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu perpanjangan pengamatan, meninkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member chek. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan mendefinisikan secara menyeluruh terhadap semua varian hasil analisis dari berbagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) Pembelajaran daring di RA Miftahul Huda dilaksanakan melalui aplikasi WhatsApp Group. Kelas A dan B memiliki WhatsApp Group yang berbeda dengan satu guru terkoordinir di WhatsApp Group, 2) Penerapan kurikulum yang dilakukan di kelas A antara lain mengajarkan sopan santun kapada anak, berbicara yang baik, mengenal ciptaan Allah, dipraktekkan dan membiasakan doa sehari-hari. 3) pembelajaran yang efektif kepala RA Miftahul Huda Sidomulyo Jakenan Pati dalam penerapan materi pembelajaran yang luas dan mendalam pada aspek nilai agama dan moral sudah dirancang dengan baik, semua pendidik berasal dari ustadzah Taman Pendidikan Quran sehingga sangat menguasai penerapan materi pembelajaran dalam nilai agama khususnya untuk mengaji makhorijul huruf yang benar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Blanded Leaarning, Nilai Agama dan Moral
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:09
Last Modified: 07 Jan 2022 07:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6344

Actions (login required)

View Item View Item