Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Negeri 2 Wedarijaksa Pati

Larasati, Anis (2021) Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Negeri 2 Wedarijaksa Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (451kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (457kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (657kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (359kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan penerapan pembelajaran online yang menjadikan guru IPS tidak dapat mengetahui peserta didik benar-benar mengikuti mata pelajaran atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pembelajaran daring di SMP Negeri 2 Wedarijaksa. 2) efektivitas dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Wedarijaksa. 3) kendala dan solusi dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Wedarijaksa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dari observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru IPSdan peserta didik kelas VIII, serta dokumentasi. Data penelitian dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, menggunakan bahan referensi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Wedarijaksa Pati kurang efektif karena ada hambatan yang terletak pada signyal atau jaringan, selama proses pembelajaran daringsiswa hanya mendengarkan danmengerjakan tugas-tugas yang di berikan guru, itupun kenyataannya yang mengerjakan orang tua bukan.2) Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Wedarijaksa Pati belum bisa berjalan secara efektif. Pembelajaran yang efektif merupakan pembelajaran yang sesuai dengan pencapaian yang hendak dicapai dengan menggunakan indikator efektivitas pembelajaran sebagai alat ukur sebuah pencapaian. 3) Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran IPS SMP Negeri 2 Wedarijaksa Pati yaitu Keterbatasan kuota internet dan gangguan signal yang tidak mendukung, keterbatasan alat komunikasi (handphone), kurangnya komunikasi antara pendidik dan peserta didik, menjadikan rasa jenuh pada siswa dan lingkungan yang bising. Sedangkan solusi untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring SMP Negeri 2 Wedarijaksa Pati:Memberikan bantuan paket data secara gratis pada setiap bulannya, menjadikan peserta didik lebih mandiri dalam mencari materi tambahan dari google dan memberi kesempatan bagi peserta didik untuk aktif bertanya melalui whatsApp.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Daring
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:57
Last Modified: 07 Jan 2022 06:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6345

Actions (login required)

View Item View Item