Qodriyah, Naely Baroroh (2021) Pelaksanaa Pembelajaran IPS Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs NU Banat Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (279kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (482kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (427kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (626kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (221kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS pada masa pandemi covid-19 di MTs NU Banat Kudus tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan ketika peneliti melihat pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 kurang maksima, mulai dari ketidak siapan sekolah dalam kegiatan pembelajaran secara online atau daring; pendidik yang belum siap dan belum pernah mengajar atau menyampaikan materi pembelajaran secara online atau daring; kondisi ponsel pintar anak didik yang berbeda; mahalnya kuota data internet; cepat dan lambatnya sinyal, yang berbeda disetiap tempat; keluhan anak didik mengenai kondisi mata yang harus melihat ponsel pintar atau laptop setiap harinya; dan sebagian anak didik yang berada di pesantren tidak dibolehkan, atau tidak diberikan izin untuk membawa ponsel pintar atau laptop, untuk mengikuti pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Adapun rumusan Masalah penelitian ini, ialah 1). Bagaimana pembelajaran IPS sebelum terjadi pandemi Covid-19 di MTs NU Banat Kudus?; 2). Bagaimana pembelajaran IPS saat terjadi pandemi Covid-19 di MTs NU Banat Kudus?; 3). Apa faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran IPS pada masa pandemi Covid-19 di MTs NU Banat Kudus?; 4). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS dan solusi yang dilakukan oleh pendidik di MTs NU Banat Kudus saat pembelajaran IPS pada masa pandemi Covid-19?. Penelitian ini, berjenis penelitian field research atau penelitian lapangan, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan penelitian di MTs NU Banat Kudus, dengan subjek penelitian ada 6 informan atau narasumber, yaitu tiga pendidik yang mengajar mata pelajaran IPS di MTs NU Banat Kudus, wakil kepala madrasah MTs NU banat Kudus, dan 2 anak didik MTs NU Banat Kudus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan pelaksanaan yang dilakukan oleh pendidik, yang mengajar mata pelajaran IPS di MTs NU Banat Kudus, yaitu dengan Memaksimalkan penggunaan plarform atau media pembelajaran daring/online (WhatsApp, Google Classroom, dan zoom); Memanfaatkan teknologi informasi (internet), Materi pembelajaran IPS disampaikan dalam bentuk power point, catatan, dan ringkasan yang dibuat semenarik mungkin; Share materi, baik sebelum, saat, dan sesudah penyampaian pembelajaran IPS secara daring; dan Pendidik IPS mengawali pembelajaran daring menggunakan zoom dengan menyapa anak didik, ice breking, permainan, dan quiz.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Pembelajaran, IPS, Pandemi Covid-19. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 07:09 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 07:09 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6347 |
Actions (login required)
View Item |