Evaluasi Program Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTs NU Mawaqi’ul Ulum. Skripsi, Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kudus

Nuroniyah, Ashfa (2021) Evaluasi Program Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTs NU Mawaqi’ul Ulum. Skripsi, Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text
3. DARTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (455kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (268kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (920kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (221kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang bersifat terpadu sering kali dianggap sulit oleh peserta didik. Terlebih pelaksanaannya yang saat ini dilakukan secara daring tentunya tidak terlepas dari adanya hambatan atau kelemahan-kelemahan, sehingga dalam proses pelaksanaanya tidak selalu berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya. Dengan begitu diperlukan adanya evaluasi untuk meminimalisir kelemahan-kelemahan tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan program pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS Terpadu. 2) Bagaimana pelaksanaan program pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Nu Mawaqi’ul Ulum. 3) Bagaimana proses pelaksanaan evaluasi program pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Nu Mawaqi’ul Ulum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu pendekatan untuk mengamati dan memahami suatu gejala yang ada secara kompleks. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya: observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket (kuesioner). Sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu dengan skala likeart yang kemudian ditransformasikan ke dalam bentuk kualitatif dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs NU Mawaqi’ul Ulum tidak sepenuhnya dilakukan secara daring, karena ada sebagian peserta didiknya yang berasal dari pondok pesantren, dimana mereka sangat terbatas dalam penggunaan gawai dan mengharuskan untuk dilaksanakan pembelajaran secara luring. Sedangkan hasil perhitungan evaluasi konteks pada program pembelajaran daring mata pelajaran IPS Terpadu adalah 48,16% (cukup baik). Hasil evaluasi input pada program pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS Terpadu adalah 55,2% (cukup baik). Hasil evaluasi proses menunjukan 68,4% (baik), dan hasil evaluasi produknya yaitu 60,6% (baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran IPS Terpadu
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:13
Last Modified: 07 Jan 2022 07:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6348

Actions (login required)

View Item View Item