Manajemen Supervisi Akademik Berbasis Teknologi Digital Pada Guru PAI di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati

Ma’rufah, Ma’rufah (2021) Manajemen Supervisi Akademik Berbasis Teknologi Digital Pada Guru PAI di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER s.d KATA PENGANTAR_UNESCO.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK_pdf_watermark.pdf

Download (505kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (849kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_pdf_watermark.pdf

Download (387kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan manajemen supervisi akademik berbasis teknologi digital pada Guru PAI di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati, meliputi: 1) perencanaan supervisi akademik berbasis teknologi digital pada guru PAI di SD Negeri Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati; 2) pelaksanaan supervisi akademik berbasis teknologi digital pada guru PAI di SD Negeri Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati; dan 3) evaluasi supervisi akademik berbasis teknologi digital pada guru PAI di SD Negeri Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif studi kasus. Lokasi penelitian berada di wilayah pembinaan Pengawas PAI SD di Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Subyek penelitian dalam penelitian ini, yaitu: Pengawas PAI Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Sedangkan informannnya yaitu guru PAI SDN di Kecamatan Pucakwangi, Ketua Pokjawas Kabupaten Pati, dan Kepala Sekolah SDN di Kecamatan Pucakwangi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Analisis data digunakan teknik analisis data interaktif model, meliputi: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen supervisi akademik berbasis teknologi digital pada guru PAI di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati, yaitu suatu aktivitas pengawas PAI untuk memberdayakan berbagai sumber daya supervisi akademik, terutama sumber daya teknologi digital pada guru PAI di SDN Kecamatan Pucakwangi untuk mencapai tujuan supervisi akademik PAI yang efektif dan efisien, meliputi: 1) perencanaan supervisi akademik berbasis teknologi digital pada guru PAI di SD Negeri Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati, yang meliputi aktivitas: prakiraan, menentukan sasaran, merumuskan strategi, membuat penugasan, membuat jadwal, mengalokasikan dana, membuat kebijakan dan membuat prosedur untuk setiap kebijakan; 2) pelaksanaan supervisi akademik berbasis teknologi digital pada guru PAI di SD Negeri Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati, meliputi aktivitas: mendefinisikan pekerjaan, mengelompokkan jenis pekerjaaan, menganalisis dan mengintegrasikan pekerjaan, memberi motivasi, berkomunikasi, membuat keputusan, memilih orang pada jabatan, mengembangkan kompetensi; dan 3) evaluasi supervisi akademik berbasis teknologi digital pada guru PAI di SD Negeri Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati, yakni menentukan ukuran dan mengukur kinerja, menilai dan mengoreksi kinerja

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Supervisi Akademik, Teknologi digital, Guru PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:22
Last Modified: 07 Jan 2022 07:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6350

Actions (login required)

View Item View Item