Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Comic Sains Materi Kalor Dan Perpindahannya Peserta Didik Kelas VII MTs Miftahul Huda Watuaji

Indah, Nur (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Comic Sains Materi Kalor Dan Perpindahannya Peserta Didik Kelas VII MTs Miftahul Huda Watuaji. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (769kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (706kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (501kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran bertujuan untuk membantu peserta didik dalam menerima materi secara interaktif, efektif dan menyenangkan. Minimnya media pembelajaran menjadikan proses pembelajaran monoton dan kurangnya minat baca serta kurangnya keaktifan peserta didik dalam menerima pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis e-comic materi kalor dan perpindahannya. Untuk mengetahui proses pengembangan berbasis e-comic sains dan pendapat para ahli terhadap e-comic serta untuk mengetahui respon peserta didik di MTs Miftahul Huda Watuaji. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dari Borg and Gall menggunakan 7 tahap, yaitu 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Kelayakan produk dilakukan dengan melakukan validasi pada ahli materi, ahli media dan respon pendidik. Setelah itu, peneliti melakukan uji kepuasan dan kemenarikan produk skala kecil pada 7 peserta didik dan uji coba lapangan pada 25 peserta didik di MTs Miftahul Huda Watuaji Jepara untuk melihat respon peserta didik. Penelitian ini menghasilkan produk berupa e-comic sains yang layak digunakan untuk digunakan berdasarkan penilaian dari validator ahli materi 94%, validator ahli media memperoleh 97,7%. Respon peserta didik pada uji coba skala kecil memperoleh presentase 90%, dan uji coba lapangan memperoleh 90,3% berarti media e-comic sains dapat diterima oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, E-Comic Sains, Research and Development
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:37
Last Modified: 10 Jan 2022 03:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6366

Actions (login required)

View Item View Item