Model Pembelajaran Inquiri Sosial dalam Pembentukan Akhlak pada Mata Pelajaran Akhlak di Madrasah Diniyah Nurul Islah Pancur Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022

Minach, Nila Nilnal (2021) Model Pembelajaran Inquiri Sosial dalam Pembentukan Akhlak pada Mata Pelajaran Akhlak di Madrasah Diniyah Nurul Islah Pancur Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (547kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (454kB)
[img] Text
07. BAB V.pdf

Download (573kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (340kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendekatan inquiri sosial dalam pembentukan akhlak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran inquiri sosial dalam pembentukan akhlak pada mata pelajaran akhlaq, untuk mengetahui peran guru dalam model pembelajaran inquiri sosial dalam pembentukan akhlak pada mata pelajaran akhlaq dan dampak dari pembinaan akhlak dan untuk mengetahui dampak pendekatan inquiri sosial pembentukan akhlak di Madrasah Diniyah Nurul Islah Pancur Mayong Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field reserch dengan menggunaka pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V, guru mata pelajaran akhlak dan kepala madrasah, teknik pengupulan data yang digunakan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Lalu analisis yang di gunakan menggunakan beberapa langkah yaitu pengumpulan data, mereduksi data yang telah terkumpul, mendisplay data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan memverifikasi mana data yang yang lebih mendalam dan melakukan penyempurnaan guna mengambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiri sosial dalam pembentukan akhlak pada mata peljaran akhlak di madrasah diniyah yaitu Pertama, Pembentukan akhlaq sudah dimulai dari awal kegiatan masuk dengan ditandai berdo’a bersama di Mushola Al-Islah, tadarus Al-Qur’an dan lain-lain sampai akhir kegiatan di Madrasah Diniyah Nurul Islah Pancur Mayong Jepara, dan dalam pelaksanaan model pemebelajaran inquiri sosial dalam pembentukan akhlah pada mata pelajaran akhlak menggunakan kitab Wasoya Al-Abaa’ Lil Abna’ digunakan metode pemberian tugas, meneliti, presentasi dan diskusi. Kedua, dalam pelaksanaannya peran guru biasanya di madrasah berperan sebagai pemberi informasi, pengarah dan motivator dan sebagai suri tauladan hal ini bisa dilihat dari berbagai metode yang digunakan yaitu metode uswah, pemahaman, cerita, hukuman dan apresiasi yang ada di Madrasah Diniyah Nurul Islah Pancur Mayong Jeparan dan dalam pelaksanaan dengan menggunakan pendekatan inquiri sosial peran guru yaitu sebagai pembimbing, motivator, pengarah, fasilitator dan manajer. Ketiga, dampak dari pelaksanaan dari pembinaan akhlak di Madrasah Diniyah Nurul Islah Pancur Mayong Jepara bisa dilihat dari nilai aqidahnya, nilai kebiasaan dan nilai kepribadian, dan dampak dari pelaksanaan menggunakan model pembelajaran inquiri sosial dapat dilihat dari menjadikan siswa yang berwawasan luas, memperkaya pengetahuan dan keterampilan membentuk akhlakul karimah, menimbulkan minat dan gairah belajar, meningkatkan pemahaman terhadap masalah yang di pelajari, menjadikan proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inquiri Sosial, Pembentukan Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:39
Last Modified: 10 Jan 2022 03:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6368

Actions (login required)

View Item View Item