FAIZ, AHMAD (2015) PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MTS AL HIKMAH PASIR MIJEN DEMAK TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, STAIN Kudus.
Text
1cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2Abstrak.pdf Download (159kB) |
|
Text
2daftar isis.pdf Download (8kB) |
|
Text
3Bab1.pdf Download (161kB) |
|
Text
4bab2.pdf Download (285kB) |
|
Text
5bab3.pdf Download (364kB) |
|
Text
6bab4.pdf Download (355kB) |
|
Text
7bab5.pdf Download (63kB) |
|
Text
8pustaka.pdf Download (84kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendetesiskan peranan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MTs Al Hikmah Pasir Mijen Demak Tahun Ajaran 2015 / 2016. Fokus pada penelitian ini adalah : (1) Proses supervisi oleh kepala sekolah kepada guru di MTs Al-Hikmah Pasir Mijen Demak tahun ajaran 2015 / 2016, (2) Kompetensi profesional guru di MTs Al- Hikman Mijen Demak tahun ajaran 2015 / 2016, (3) Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah terkait dengan supervisi di MTs Al-Hikmah Pasir Mijen Demak tahun ajaran 2015 / 2016, (4) Faktor yang mendorong pelaksanaan supervisi kepala sekolah dan faktor yang menghambat supervisi kepala sekolah di MTs Al-Hikmah Pasir Mijen Demak tahun ajaran 2015 / 2016 Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif yang lebih bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi partisipasi pasif (passive participant), wawancara mendalam (in depth interview) dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan analisis data dengan model Miles and Huberman, yang mana analisis data berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan data conclusion drawing. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh temuan penelitian pada MTs Al Hikmah Pasir Mijen Demak sebagai berikut: (1) kepala sekolah telah menyusun program supervisi akan tetapi dalam pelaksanaanya belum dapat maksimal terbukti ada guru yang belum disupervisi, padahal target dari kepala sekolah setiap guru mendapat supervisi dua kali dalam satu semester, (2) mengenai kompetensi Profesional guru ditemukan kekurangan yaitu pada pemilihan metode pembelajaran, guru cenderung menggunakan metode ceramah yang kurang efektif, (3) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru melalui supervisi, dilakukan dengan (a) memberikan layanan supervisi individual kepada guru, (b) memberikan layanan supervisi kelompok kepada guru, (c) berusahan memberikan fasilitas yang mendukung peningkatan kompetensi profesional guru, walaupun belum maksimal, (4) Terdapat Faktor yang mendorong dan menghambat pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah di MTs. Al Hikmah Pasir Mijen Demak. Adapun faktor yang mendorong adalah sebagai berikut : (a) semangat dari guru, (b) guru sudah siap disupervisi karena sudah diinformasikan sebelumnya, (c) guru sudah menyadari pentingnya supervisi, dan (d) adanya hubungan yang harmonis antar guru dan antara guru dengan kepala sekolah. Sedangkan faktor yang menghambat adalah : sebagai berikut : 1) perbedaan latar belakang pendidikan kepala sekolah dengan mata pelajaran yang diajar oleh guru yang disupervisi, 2) ada kekhawatiran akan terjadi salah paham ketika mensupervisi guru senior, 3) hanya sebagian guru yang hadir dalam rapat periodik, dan 4) Terbatasnya dana yang dimiliki madrasah, sehingga pemberian bantuan kepada guru dengan menyediakan fasilitas kurang maksimal Kata Kunci : Kepala Sekolah, Supervisor, kompetensi profesional, Guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepala Sekolah; Supervisor; kompetensi profesional; Guru |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Feb 2017 03:41 |
Last Modified: | 18 Feb 2017 03:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/638 |
Actions (login required)
View Item |