Analisis Bentuk Kreativitas Guru PAI dalam Mengajar Siswa MA Darul Ulum Kudus di Masa Pandemi.

Safitri, Putri Widyana (2021) Analisis Bentuk Kreativitas Guru PAI dalam Mengajar Siswa MA Darul Ulum Kudus di Masa Pandemi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (869kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (832kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (398kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (803kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB)

Abstract

Dunia dihebohkan dengan kedatangan virus baru yaitu virus covid-19. Malalui udara virus ini menyerang sistem pernapasan manusia dan menyebabkan banyak korban meninggal. Berbagai sektor sudah merasakan dampaknya, salah satunya adalah sektor pendidikan. Salah satu dampak nyata dalam sektor pendidikan ialah sekolah meliburkan siswa hampir satu tahun dan menyebabkan siswa tidak memahami materi pembelajaran sama sekali karena fokus menjaga kesehatan masing-masing. Maka dari itu, sudah menjadi tugas tersendiri bagi guru dalam mengembangkan kreativitas dalam mengajar agar siswa lebih semangat dalam belajar. Berdasarkan hal itu penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI di MA Darul Ulum Kudus saat masa pandemi. 2) Bagaimana bentuk kreativitas guru PAI dalam mengajar di MA Darul Ulum Kudus di masa pandemi 3) Bagaimana kendala dan solusi yang dihadapi guru pada pembelajaran PAI di MA Darul Ulum Kudus pada masa pandemi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, observasi tidak langsung wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Tahapan pengumpulan data melalui prosedur reduksi, penyajian serta penarikan kesimpulan. Pengumpulan data berakhir setelah peneliti tidak menemukan data baru, kemudian penulis mengulas dan menyimpulkannya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut: pertama, pelaksanaan pembelajaran PAI di MA Darul Ulum saat pandemi menggunakan 2 model yaitu daring dan luring. Yang kedua, bentuk kreativitas guru di MA Darul Ulum Kudus secara daring meliputi Whtasapp Grub, Konten Video, mendownload film sejarah, mencari tokoh sejarah kemudian di pigura dan Google Form untuk penugasan. Sedangkan untuk pembelajaran luring meliputi meresume materi pembelajaran di lks,ceramah, praktek baca Al-Qur’an, praktek sholat, menjelaskan tokoh tanpa melihat teks dan pemberian tugas. Yang ketiga, kendala guru PAI dalam mengajar di MA Darul Ulum Kudus saat pandemi ada beberapa yaitu jaringan dan siswa tidak fokus dalam pembelajaran. Solusi dari kendala yang guru hadapi yaitu melakukan sosialisasi kepada orang tua siswa, melakukan metode penugasan, guru memberi kelonggaran waktu bagi siswa yang belum mengumpulkan tugas, menakut-nakuti siswa yang tidak mengumpulkan tugas, dan melayani siswa yang mengambil soal di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Pembelajaran PAI, Pandemi.
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:07
Last Modified: 11 Jan 2022 02:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6383

Actions (login required)

View Item View Item