Kuniarti, Nita Hayu (2021) Penerapan Pembelajarn Daring dengan Menggunakan Aplikasi AMMANU di Madrasah Aliyah NU Raden Umar Sa’id Colo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (714kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (287kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (7MB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Download (204kB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Download (241kB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Download (198kB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (459kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (168kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui penerapan Aplikasi yang baru launching di tahun 2020 yang dinamai dengan aplikasi AMMANU (Aplikasi Madrasah Ma’arif NU) kudus, yang dibuat untuk mempermudah siswa dalam melakukan pembelajaran daring. Aplikasi AMMANU diterapkan oleh Madrasah yang dibawah naungan LP Ma’arif Kudus. Serta mengetahui respon siswa dalam menggunakan aplikasi AMMANU ketika daring. Penelitian ini berjenis field research ( penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk subyek yang bersangkutan dalam penelitian ini di antaranya yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa di Madrasah Aliyah NU Raden Umar Sa’id Colo. Data dan dokumentasi dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) penerapan pembelajaran daring yang menggunakan aplikasi AMMANU berjalan dengan baik dan sangat mudah untuk digunakan siswa dalam pembelajaran yang tidak bertatap muka di Madrasah Aliyah NU Raden Umar Sa’id Colo. Dalam aplikasi AMMANU berbeda dengan tingkat hasil belajar siswa, untuk aplikasi AMMANU adalah hanya sebagai jembatan atau alat interaksi antara guru dan siswa ketika melakukan kegiatan pembelajaran secara daring. Disitu guru hanya mengakses materi atau tugas yang akan diberikan kepada siswa dengan bentuk word, powerpoint, link, maupun Google Drive tergantung masing masing guru dan kemudian siswa membuka aplikasi AMMANU, masuk ke akunnya masing masing dengan username dan pasword yang sudah dikasih dari Madrasah masing-masing, dan disitu siswa bisa melihat materi atau tugas yang diberikan oleh guru. Dengan begitu kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik dan selalu lancar dalam penyampaiannya meskipun dilakukan tidak bertatap muka (daring). Untuk tingkat hasil belajar siswa itu tergantung pada pribadinya masing-masing, jika dia giat dan selalu mengikuti pembelajaran daring sering mengerjakan tugas dan mengumpulkannya dengan waktu yang sudah ditentukan maka hasil belajarpun tetap meningkat. 2) pendapat siswa Madrasah Aliyah NU Raden Umar Sa’id Colo Kudus tentang adanya Aplikasi AMMANU yang diterapkan dimadrasah, siswa banyak sekali yang menyukai dan senang menggunakan aplikasi tersebut, meskipun dulu pertama kali sempat kebingungan untuk menerapkannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran daring, Penerapan Aplikasi AMMANU |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 02:13 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 02:13 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6385 |
Actions (login required)
View Item |