Penerapan Pembelajarn Daring dengan Menggunakan Aplikasi AMMANU di Madrasah Aliyah NU Raden Umar Sa’id Colo Kudus

Kuniarti, Nita Hayu (2021) Penerapan Pembelajarn Daring dengan Menggunakan Aplikasi AMMANU di Madrasah Aliyah NU Raden Umar Sa’id Colo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (714kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (7MB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (241kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (459kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (168kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui penerapan Aplikasi yang baru launching di tahun 2020 yang dinamai dengan aplikasi AMMANU (Aplikasi Madrasah Ma’arif NU) kudus, yang dibuat untuk mempermudah siswa dalam melakukan pembelajaran daring. Aplikasi AMMANU diterapkan oleh Madrasah yang dibawah naungan LP Ma’arif Kudus. Serta mengetahui respon siswa dalam menggunakan aplikasi AMMANU ketika daring. Penelitian ini berjenis field research ( penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk subyek yang bersangkutan dalam penelitian ini di antaranya yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa di Madrasah Aliyah NU Raden Umar Sa’id Colo. Data dan dokumentasi dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) penerapan pembelajaran daring yang menggunakan aplikasi AMMANU berjalan dengan baik dan sangat mudah untuk digunakan siswa dalam pembelajaran yang tidak bertatap muka di Madrasah Aliyah NU Raden Umar Sa’id Colo. Dalam aplikasi AMMANU berbeda dengan tingkat hasil belajar siswa, untuk aplikasi AMMANU adalah hanya sebagai jembatan atau alat interaksi antara guru dan siswa ketika melakukan kegiatan pembelajaran secara daring. Disitu guru hanya mengakses materi atau tugas yang akan diberikan kepada siswa dengan bentuk word, powerpoint, link, maupun Google Drive tergantung masing masing guru dan kemudian siswa membuka aplikasi AMMANU, masuk ke akunnya masing masing dengan username dan pasword yang sudah dikasih dari Madrasah masing-masing, dan disitu siswa bisa melihat materi atau tugas yang diberikan oleh guru. Dengan begitu kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik dan selalu lancar dalam penyampaiannya meskipun dilakukan tidak bertatap muka (daring). Untuk tingkat hasil belajar siswa itu tergantung pada pribadinya masing-masing, jika dia giat dan selalu mengikuti pembelajaran daring sering mengerjakan tugas dan mengumpulkannya dengan waktu yang sudah ditentukan maka hasil belajarpun tetap meningkat. 2) pendapat siswa Madrasah Aliyah NU Raden Umar Sa’id Colo Kudus tentang adanya Aplikasi AMMANU yang diterapkan dimadrasah, siswa banyak sekali yang menyukai dan senang menggunakan aplikasi tersebut, meskipun dulu pertama kali sempat kebingungan untuk menerapkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Penerapan Aplikasi AMMANU
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:13
Last Modified: 11 Jan 2022 02:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6385

Actions (login required)

View Item View Item