Kholifin, Nur (2016) KONTRIBUSI BIMBINGAN KEAGAMAAN MELALUI JAMA’AH SHALAT DHUHA TERHADAP AKHLAK ISLAMI SISWA DI MTS MAMBA’UL HIDAYAH PONDOWAN TAYU PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
5 BAB 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
6 BAB 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB 5.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui jama’ah shalat Dhuha terhadap akhlak Islami siswa di MTs Mamba’ul Hidayah Pondowan Tayu Pati Tahun Pelajaran 2016/2017, (2) mengetahui kontribusi bimbingan keagamaan melalui jama’ah shalat Dhuha terhadap akhlak Islami siswa di MTs Mamba’ul Hidayah Pondowan Tayu Pati Tahun Pelajaran 2016/2017, (3) mengetahui mengetahui hasil bimbingan keagamaan melalui jama’ah shalat Dhuha terhadap akhlak Islami siswa di MTs Mamba’ul Hidayah Pondowan Tayu Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. Fokus dalam penelitian kali ini diharapkan mempunyai manfaat sebagai berikut: Secara Teoritis, penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan bacaan bagi khazanah keilmuan, terutama yang berkaitan dengan seputar ilmu bimbingan dan konseling. Selain daripada itu, dapat dijadikan sebagai bahan kajian lebih lanjut kaitannya dengan penelitian pada sekup bimbingan dan konseling yang bersentral pada guru Bimbingan Konseling Islam. Secara Praktis, Bagi Guru Bimbingan Konseling Islam. Dapat memberi kontribusi positif bagi guru Bimbingan Konseling Islam sebagi salah satu bahan referensi untuk mengevaluasi kinerjanya dan dalam menerapkan metode bimbingan keagamaan guna mencetak akhlak Islami siswa. Bagi Siswa, dapat memberikan masukan kepada peserta didik untuk pengetahuan dan wawasan dalam hal berfikir dan bertindak sesuai dengan akhlak Islami dalam kehidupan sehari - hari khususnya di sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research yaitu peneliti terjun langsung dalam kancah atau tempat terjadinya gejala - gejala yang akan diselidiki. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan alasan permasalahan yang akan diteliti masih bersifat sementara, belum jelas bahkan dapat berubah setelah peneliti berada di lapangan. Dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipatif, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan Melalui Jama’ah Shalat Dhuha Terhadap Akhlak Islami Siswa di MTs Mamba’ul Hidayah Pondowan Tayu Pati Tahun Pelajaran 2016/2017 bertempat di Masjid Jami’ Pondowan yang terletak tepat di sebelah timur MTs Mamba’ul Hidayah. Waktu pelaksanaanya pukul 09.30 WIB sampai 09.45 WIB setiap hari kecuali hari Jum’at dan di ikuti oleh semua siswa MTs Mamba’ul Hidayah yang berjumlah 79 siswa. Shalat Dhuha dilaksanakan secara berjama’ah yang dipimpin oleh guru piket sebanyak 4 rekaat. 2) Bimbingan Keagamaan Melalui Jama’ah Shalat Dhuha di MTs Mamba’ul Hidayah Pondowan memberi kontribusi terhadap siswa sebagai terapi yang mampu mempengaruhi ruhaniah siswa kearah positif. 3) Hasil Bimbingan Keagamaan melalui Jama’ah Shalat Dhuha terhadap Akhlak Islami Siswa di MTs Mamba’ul Hidayah Pondowan Tayu Pati Tahun Pelajaran 2016/2017 dapat dibagi menjadi 2 kelompok yaitu, Hubungan dengan Allah, kualitas ibadah shalat siswa mengalami peningkatan kearah yang lebih baik sesuai dengan tata cara shalat yang telah diatur oleh syariat Islam.Hubungan dengan Manusia, sikap siswa terhadap guru lebih santun, sesama siswa saling menghormati, lebih menghargai waktu dan kedisiplinan mengalami peningkatan. Kata kunci (1) Bimbingan Keagamaan (2) Shalat Dhuha (3) Akhlak Islami
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Keagamaan; Jama’ah Shalat Dhuha; Akhlak Islami; Siswa |
Subjects: | 200 Agama Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Feb 2017 03:42 |
Last Modified: | 18 Feb 2017 03:42 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/639 |
Actions (login required)
View Item |