Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Penanaman Nilai-Nilai Islam Wasathiyah di MTs NU TBS Kudus

Umam, Shofahul (2021) Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Penanaman Nilai-Nilai Islam Wasathiyah di MTs NU TBS Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (668kB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (337kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (729kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (573kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (742kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (504kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (524kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai Islam wasathiyah siswa MTs NU TBS Kudus. 2) Bagaimana faktor yang menghambat dalam menanamkan nilai-nilai Islam wasathiyah di MTs NU TBS Kudus. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari informan (kepala madrasah, dan guru mapel aqidah akhlak) terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di MTs NU TBS Kudus. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Upaya guru akidah akhlak MTs NU TBS Kudus menerapkan nilai Islam wasathiyah yaitu dengan cara siswa diberikan materi terkait dengan nilai-nilai Islam wasathiyah dan diputarkan video tentang cinta tanah air juga nasionalis, serta ditekankan kepada peserta didik bahwa jangan terlalu keras dalam beragama. Peserta didik MTs NU TBS juga telah mengimplementasikan sikap tawasuth (jalan tengah), tawazun (keseimbangan), i’tidal (mempunyai rasa adil), tasamuh (toleransi), dan musawah (persamaan atau sama, tidak kurang dan tidak juga lebih). (2) Faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai Islam wasathiyah di MTs NU TBS Kudus yaitu guru sudah berkompeten, guru faham serta telah moderat, tidak ada dikotomi atau diskriminasi kelompok siswa, dan di MTs NU TBS mayoritas anak pondok pesantren. Faktor pendukung lainya yaitu terdapat beberapa ekstrakurikuler, selain itu setiap hari sudah dibiasakan untuk menjalankan sholat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah di madrasah. Hambatan yang telah terjadi dalam pembelajaran terkait Islam wasathiyah yaitu masih terdapat siswa yang kurang faham dengan kalimat asing, selain itu hambatan ketika pembelajaran tersebut anak-anak pada ngantuk, kecerdasan seseorang yang berbeda-beda, terdapat anak yang antusias dan faham, juga terdapat siswa yang cuma monoton.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Guru Akidah Akhlak, Nilai-Nilai Islam Wasathiyah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Jan 2022 07:09
Last Modified: 12 Jan 2022 07:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6395

Actions (login required)

View Item View Item