Strategi Dakwah Melalui Media Sosial Dalam Membangun Kesadaran Gotong-Royong Di Kudus

Candra, Wahyu (2021) Strategi Dakwah Melalui Media Sosial Dalam Membangun Kesadaran Gotong-Royong Di Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (613kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (295kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (468kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang strategi dakwah melalui media sosial dalam membangun kesasaran gotong royong di kudus, antara lain: (1) kegiatan dalam komunitas resik-resik masjid kudus (2) respon dan sikap masyarakat dengan adanya komunitas resik-resik masjid kudus (3) strategi dakwah komunitas resik-resik masjid kudus dalam menarik minat masyarakat. Jenis penelitian dalam adalah penelitian lapangan dimana peneliti terjun ke lapangam secara langsung pasa obyek penelitian yaitu komunitas Resik-Resik Masjid Kudus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini berjumlah 7 orang yaitu 6 anggota komunitas Resik-Resik Masjid Kudus dan 1 orang masyarakat yang pernah ikut dalam kegiatan. Data tersebut di analisis menggunakam tekhnik deskriptif analisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunitas resik-resik masjid mempunyai kegiatan selain membersihkan masjid. Kegiatan tersebut seperti sahabat Al-Qur'an, ngaji malam senin, kegiatan bulan ramadhan, dan bantuan bencana alam. Dalam kegiatan tersebut menerapkan budaya gotong-royong dalam setiap kegiatan. Respon masyarakat terkait komunitas juga beragam. Awalnya mengalami banyak penolakan, namun seiring berjalannya waktu setelah mulai dikenal banyak respon postif yang datang dari masyarakat. Strategi yang digunakan adalah dakwah bil Al-Hal yaitu dengan memberikan contoh secara langsung kepada masyarakat dengan menggunakan media sosial sebagi wasilah atau media dakwah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi dakwah, media sosial, gotong-royong
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Jan 2022 01:58
Last Modified: 13 Jan 2022 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6413

Actions (login required)

View Item View Item