Pengaruh Video Interaktif Berbasis Masalah Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Konsep Sistem Reproduksi Pada Manusia Kelas XI MA NU Ibtidaul Falah Tahun Ajaran 2020/2021

Nuhaya, Nailan (2021) Pengaruh Video Interaktif Berbasis Masalah Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Konsep Sistem Reproduksi Pada Manusia Kelas XI MA NU Ibtidaul Falah Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (699kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui penerapan video interaktif berbasis masalah terhadap kemandirian belajar peserta didik pada konsep sistem reproduksi pada manusia. 2) untuk mengetahui kemandirian belajar sebelum menggunakan media video interaktif berbasis masalah. 3) untuk mengetahui pengaruh video interaktif berbasis masalah terhadap kemandirian belajar peserta didik pada konsep sistem reproduksi pada manusia. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperiment tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 114 peserta didik dan sampel sebanyak 76 peserta didik dengan teknik yang digunakan yaitu sampling purposive. Analisis data penelitian ini melalui pendekatan deskriptif kuantitatif sedangkan uji hipotesis melalui uji mann-whitney. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan video interaktif berbasis masalah pada konsep sistem reproduksi manusia memperoleh respon peserta didik sebesar 42% pada kategori cukup. Kemandirian belajar peserta didik sebelum pembelajaran pada kelas kontrol sebesar 63% pada kategori tinggi sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 66% kategori tinggi. Terdapat pengaruh video interaktif berbasis masalah yang berorientasi terhadap kemandirian belajar peserta didik yang dibuktikan melalui rumus mann-whitney dengan hasil signifikansi (2-tailed) 0,000 dengan probabilitas 0,05

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Interaktif Berbasis Masalah, Kemandirian Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Jan 2022 02:49
Last Modified: 14 Jan 2022 02:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6431

Actions (login required)

View Item View Item