Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Bioentrepreneurship pada Materi Kingdom Plantae Terhadap Minat Wirausaha dan Hasil Belajar Kognitif Siswa

Muslihatun, Sri (2021) Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Bioentrepreneurship pada Materi Kingdom Plantae Terhadap Minat Wirausaha dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (336kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pelaksanaan pendekatan saintifik berbasis Bioentrepreneurship dalam pembelajaran biologi. 2) Mengetahui pengaruh minat wirausaha siswa dalam pendekatan saintifik berbasis Bioentrepreneurship pada materi kingdom plantae. 3) Mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam pendekatan saintifik berbasis Bioentrepreneurship pada materi kingdom plantae. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design yaitu Nonequivalent Control Group Design. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA MA NU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus. Kelas X B berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen diterapkan pembelajaran berbasis Bioentrepreneurship, sedangkan kelas X A berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol diterapkan metode ceramah dan tanya jawab. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non-tes. Sedangkan teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Untuk mengetahui minat wirausaha siswa digunakan melalui uji t-test independent, sedangakn untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dari pendekatan pembelajaran berbasis Bioentrepreneurship pada materi kingdom plantae yang berorientasi minat wirausaha dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil uji t memiliki nilai t_hitung = 2,660, dikarenakan t_hitung > t_tabel (2,660>1,668), maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga rata-rata hasil belajar (kognitif) siswa dengan pendekatan pembelajaran berbasis Bioentrepreneurship lebih besar daripada rata-rata hasil belajar (kognitif) siswa dengan model pembelajaran konvensional. Sedangkan hasil uji t independen menunjukkan bahwa t_hitung =43,091, dikarenakan t_hitung > t_tabel 43,091 > 2,034), maka H_(0 )ditolak dan H_(a ) diterima. Artinya rata-rata minat wirausaha kelas eksperimen dengan pendekatan saintifik berbasis Bioentrepreneurship lebih besar daripada rata-rata hasil belajar (kognitif) siswa dengan model pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bioentrepreneurship, Minat Wirausaha, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:49
Last Modified: 18 Jan 2022 03:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6475

Actions (login required)

View Item View Item