Analisis Penerapan Media Pembelajaran Online (Microsoft Teams 365) di Era Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Jepara

Olivia, Vanesa Vira (2021) Analisis Penerapan Media Pembelajaran Online (Microsoft Teams 365) di Era Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (920kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (433kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (216kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, hambatan, serta upaya dalam mengatasi hambatan pada media pembelajaran online menggunakan aplikasi Microsoft Teams 365 di era pandemi covid-19 pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Jepara. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru biologi kelas XI, guru bagian kurikulum, dan siswa kelas XI IPA. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles & Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, display/penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran online menggunakan aplikasi Microsoft Teams 365 cukup bagus karena fitur-fitur yang ada di dalam Microsoft Teams 365 sangat lengkap dan lebih mudah cara pemakaiannya. Selain itu dengan adanya Microsoft Teams 365, pembelajaran online menjadi lebih efektif dibandingkan menggunakan aplikasi Whatsapp, Google Classroom, dan Zoom. Hambatan dalam melaksanakan pembelajaran online menggunakan aplikasi Microsoft Teams 365 pada pembelajaran biologi adalah jaringan internet yang tidak mendukung, perangkat hardware, kuota internet, siswa mudah merasa jenuh dan bosan, siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, guru kesulitan dalam melakukan penilaian, kesulitan dalam menggunakan aplikasi Microsoft Teams 365. Upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi hambatan yang ada dalam pembelajaran online menggunakan aplikasi Microsoft Teams 365 diantaranya adalah sebagai berikut: jika terkendala sinyal, siswa dipersilahkan mengikuti KBM di sekolah, disediakan laptop dan wifi di laboratorium komputer, setiap akhir bulan, guru mapel melaporkan ke BK untuk laporan tentang keaktifan dan penilaian peserta didik, jika ada HP siswa yang rusak, sekolah akan membiayai bagian servis, jika tidak mempunyai kuota siswa, akan diberikan kuota secara gratis dari sekolah, jika telat absen/tidak mengikuti pelajaran, siswa wajib konfirmasi kepada guru yang bersangkutan setelah dapat mengakses Microsoft Teams 365 kembali

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Hambatan, Upaya, Pembelajaran Online, Microsoft Teams 365
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:55
Last Modified: 18 Jan 2022 03:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6476

Actions (login required)

View Item View Item