Maghfuroh, Aimmatul (2021) Analisis Pengembangan Produk Tenun Ikat Troso Melalui Konsep Halal Fashion (Studi pada Produsen Tenun Cendana di Jepara). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. Cover-kata pengantar (kecuali Abstrak).pdf Download (816kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (243kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (205kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (450kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (605kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (286kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (740kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (251kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (293kB) |
Abstract
Perkembangan Halal Lifestyle memasuki babak baru yang ditandai dengan berkembangnya industri halal, salah satunya yaitu industri halal fashion. Pada kondisi persaingan, sangatlah berbahaya bagi suatu perusahaan apabila hanya mengandalkan yang ada tanpa suatu usaha tertentu untuk pengembangan produknya. Oleh karena itu, perlu dilakukannya pengembangan produk disetiap perusahaan dalam mempertahankan dan meningkatkan penjualan. Namun terdapat banyak kendala yang dihadapi perusahaan. Tenun Cendana merupakan perusahaan yang bergerak dibidang fashion yang telah berdiri sekitar 6 tahun, sehingga sudah cukup banyak pengalaman dan proses pengembangan produk yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana pengembangan produkyang dilakukan Tenun Cendana ditinjau dari segi konsep halal fashion, arti halal fashion,dan faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala produsen Tenun Cendana dalam mengembangkan produknya. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data dengan mengumpulkan data-data aktual yang relevan atau sumber data (primer maupun sekunder) dan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi di Tenun Cendana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep halal fashion yang diterapkan di Tenun Cendana meliputi beberapa indikator yakni model, bahan baku, dan proses pengolahan produksi. Pengembangan produk Tenun Cendana berkembang dari produk kain tenun menjadi pakaian halal fashion untuk usia produktif dan milenial. Pengembangan produk yang dilakukan Tenun Cendana meliputi tiga hal, yatu dari segi motif, model, dan bahan baku produksinya. Produk Tenun Cendana yang sering dikembangkan yaitu produk fashion wanita dan fashion pria yang tertutup. Jika ditinjau dari segi konsep halal fashon, produk Tenun Cendana hanya memenuhi sebagian dari kriteria halal fashion. Dalam perkembangannya terdapat kendala berupa ketersediaan bahan baku dan harga produk bahan baku maupun bahan penunjang produksi lainnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Produk, Halal Fashion |
Subjects: | 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis Bisnis |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 03:06 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 03:06 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6499 |
Actions (login required)
View Item |