Pelaksanaan Manajemen Kelas Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas II MI NU Tarbiyatul Banat Jetak Kaliwungu Kudus

Andhani, Siswi (2021) Pelaksanaan Manajemen Kelas Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas II MI NU Tarbiyatul Banat Jetak Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (813kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (302kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (997kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian kali ini bermaksud guna untuk: 1) Mengetahui bagaimanakah pelaksanaan manajemen kelas dalam pembelajaran matematika siswa kelas II MI NU Tarbiyatul Banat Jetak Kaliwungu Kudus. 2) Mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen kelas pada mata pelajaran matematika siswa kelas II MI NU Tarbiyatul Banat Jetak Kaliwungu Kudus Penelitan kali ini berjenis lapangan dengan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan terdiri dari pengamatan, wawancara serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas II, siswa kelas II, dan kepala sekolah MI NU Tarbiyatul Banat Jetak Kaliwungu Kudus. Analisis data memakai metode yang telah dikenalkan oleh Miles dan Huberman yang dikutip oleh Sugiyono, dengan empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini diantaranya: pertama, pelaksanaan manajemen kelas dalam pembelajaran matematika siswa kelas II MI NU Tarbiyatul Banat Jetak Kaliwungu Kudus terdiri dari: Tahap persiapan dan perencanaan yaitu guru meciptakan iklim belajar mengajar yang tepat, mengatur kelas atau ruang belajar, manajemen materi belajar, manajemen kegiatan pembelajaran serta manajemen sumber belajar siswa. Dalam kegiatan pelaksanaan manajemen kelasnya ini mulai dari mengatur jalannya pembelajaran yaitu mulai dari awal sampai selesai, memposisikan tempat duduk dengan sistem rolling, memerhatikan sikap dan kebiasaan siswa supaya tetap tercipta keamanan. Dalam pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran matematika ini guru terlebih dahulu membuat beberapa tahapan rancangan yang akan dilaksanakan yaitu: membuat perjanjian sebelum melakukan pembelajaran, membuat ice breaking seperti kuis dengan melalui tanya jawab, kemudian menyampaikan materi pelajaran matematika yaitu mengenai penjumlahan dan pengurangan dengan memakai metode sharing, ceramah serta demonstrasi, kemudian melakukan tahap evaluasi dalam pembelajaran matematika yaitu guru memberikan soal setelah penyampaian materi kemudian jika dilihat waktu dalam pengerjaan siswanya tidak mencukupi maka soal tersebut dibuat Pekerjaan Rumah (PR) oleh siswa. Untuk sistem evaluasi pada soal tersebut bisa dilakukan antar teman oleh siswa dengan cara menukarkan hasil pekerjaannya itu. Dalam melaksanakan evaluasi ini bertujuan agar guru dapat merefleksi siswa mengenai kesulitan dan pemahaman siswa dalam menangkap materi yang telah dijelaskan guru. kedua,faktor pendukung dan penghambat manajemen kelas pada mata pelajaran matematika siswa kelas II MI NU Tarbiyatul Banat Jetak Kaliwungu Kudus. Faktor pendukungnya meliputi tersedianya fasilitas belajar mengajar yaitu sarana dan prasarana yang cukup lengkap seperti LCD, buku-buku perpustakaan yang memadai, dukungan orang tua, terjalinnya koordinasi yang baik antara guru dan dukungan dari pihak sekolah. Kemudian faktor penghambat ini bisa dari faktor gurunya, siswanya, dan lingkungan keluarga ataupun faktor fasilitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Pembelajaran Matematika
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:30
Last Modified: 20 Jan 2022 02:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6502

Actions (login required)

View Item View Item