Metode Hafalan Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Program Tahfidz Tsamrotul Hidayah Pecangaa Jepara

Khasanah, Umi (2021) Metode Hafalan Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Program Tahfidz Tsamrotul Hidayah Pecangaa Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (232kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (102kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (456kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang metode hafalan al-Qur’an yang diterapkan di Madrasah Diniyah Program Tahfidz Tsamrotul Hidayah Pecangaan Jepara. Ada 6 metode hafalan al-Qur'an yang digunakan yaitu metode setoran hafalan, metode muroja'ah bersama, metode ayatan, metode sambung ayat, metode imtihan, dan metode tasmi'. Metode tersebut diterapkan sebagai upaya dalam melahirkan karakter generasi cinta al-Qur’an dan melahirkan generasi yang unggul dalam hafalan al-Qur’an tanpa mukim di Pondok Pesantren. Riset ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian Field research (penelitian lapangan). Adapun tujuan penelitian ini membuktikan bahwa metode hafalan al-Qur’an yang diterapkan di Madrasah Diniyah Program Tahfidz Tsamrotul Hidayah sangat berpengaruh pada hasil hafalan santri. Terbukti Madrasah Diniyah ini telah berhasil melahirkan generasi yang unggul dalam hafalan al-Qur’an (lancar dan tartil) dan berakhlakul karimah. Hasil penelitian ini menguatkan bahwa teori Hafalan al-Qur’an Ahsin Wijaya sesuai untuk diterapkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode, hafalan al-Qur’an, Madrasah Diniyah
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Quran Tafsir
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:37
Last Modified: 20 Jan 2022 03:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6520

Actions (login required)

View Item View Item