Khasanah, Umi (2021) Metode Hafalan Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Program Tahfidz Tsamrotul Hidayah Pecangaa Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (113kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (232kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (102kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (456kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (76kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang metode hafalan al-Qur’an yang diterapkan di Madrasah Diniyah Program Tahfidz Tsamrotul Hidayah Pecangaan Jepara. Ada 6 metode hafalan al-Qur'an yang digunakan yaitu metode setoran hafalan, metode muroja'ah bersama, metode ayatan, metode sambung ayat, metode imtihan, dan metode tasmi'. Metode tersebut diterapkan sebagai upaya dalam melahirkan karakter generasi cinta al-Qur’an dan melahirkan generasi yang unggul dalam hafalan al-Qur’an tanpa mukim di Pondok Pesantren. Riset ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian Field research (penelitian lapangan). Adapun tujuan penelitian ini membuktikan bahwa metode hafalan al-Qur’an yang diterapkan di Madrasah Diniyah Program Tahfidz Tsamrotul Hidayah sangat berpengaruh pada hasil hafalan santri. Terbukti Madrasah Diniyah ini telah berhasil melahirkan generasi yang unggul dalam hafalan al-Qur’an (lancar dan tartil) dan berakhlakul karimah. Hasil penelitian ini menguatkan bahwa teori Hafalan al-Qur’an Ahsin Wijaya sesuai untuk diterapkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, hafalan al-Qur’an, Madrasah Diniyah |
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Ilmu Quran Tafsir |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 03:37 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 03:37 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6520 |
Actions (login required)
View Item |