Analisis Miskonsepsi Menggunakan Instrumen Four-Tier Diagnostic Test Materi Tekanan Zat dan Penerapannya di SMP Negeri 1 Jaken

Widiyowati, Ninik (2021) Analisis Miskonsepsi Menggunakan Instrumen Four-Tier Diagnostic Test Materi Tekanan Zat dan Penerapannya di SMP Negeri 1 Jaken. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (564kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (733kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (523kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (502kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan IPA (sains) adalah agar peserta didik dapat memahami atau menguasai konsep, aplikasi konsep, mampu mengaitkan satu konsep dengan konsep yang lainnya dan mampu menggunakan metode ilmiah untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui analisis miskonsepsi menggunakan instrumen four-tier diagnostic test materi tekanan zat dan penerapannya di SMP Negeri 1 Jaken (2) mengetahui seberapa tinggi miskonsepsi materi tekanan zat dan penerapannya yang terjadi pada peserta didik di SMP Negeri 1 Jaken. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jaken pada peserta didik kelas VIII menggunakan google formulir. Teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik berwujud pilihan ganda empat tingkat atau four-tier diagnostic test. Format four-tier diagnostic test ini terdiri atas tier-1 berupa pertanyaan, tier-2 berupa tingkat keyakinan terhadap jawaban atau Certainty of Response Index (CRI) (tier-1), tier-3 berupa alasan terkait jawaban (tier-1), dan tier-4 berupa tingkat keyakinan terhadap alasan atau Certainty of Response Index (CRI) (tier-3). Analisis data dilakukan dengan mencari persentase miskonsepsi dari masing-masing indikator. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik mengalami miskonsepsi dengan persentase rata-rata sebesar 46,75 % yang tergolong miskonsepsi sedang. Secara keseluruhan nilai rata-rata peserta didik yang paham konsep sebesar 26,76 % yang tergolong kategori rendah dan nilai peserta didik yang tidak paham konsep sebesar 19,89 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Four-Tier Diagnostic Test, Tekanan Zat dan Penerapannya, Google Form
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jan 2022 01:47
Last Modified: 21 Jan 2022 01:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6522

Actions (login required)

View Item View Item