Pelaksanaan Gerakan Literasi Madrasah dalam Pembentukan Karakter Siswa di MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kudus

Fitriyyah, Lutfiyyatul (2021) Pelaksanaan Gerakan Literasi Madrasah dalam Pembentukan Karakter Siswa di MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (318kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (821kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (209kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran siswa ketika berangkat ke madrasah, terdapat siswa datang terlambat tidak tepat waktu ke madrasah. Maka, diperlukan upaya untuk membentuk karakter anak sejak dini. Upaya yang diterapkan MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kudus dalam membentuk karakter siswanya yaitu dengan melaksanakan Gerakan Literasi Madrasah. Maka penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan Gerakan Literasi Madrasah di MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kudus? (2) Bagaimana pelaksanaan Gerakan Literasi Madrasah dalam pembentukan karakter siswa di MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kudus? Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan Gerakan Literasi Madrasah dan untuk mendiskripsikan pelaksanaan Gerakan Literasi Madrasah dalam pembentukan karakter siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, tenaga perpustakaan, guru kelas VA, siswa kelas VA MI NU Hidayatul Mubtadiin Undaan Kudus. Adapun data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) pelaksanaan Gerakan Literasi Madrasah yaitu: a. Pembiasaan membaca 15 menit sebelum pembelajaran, pembiasaan membaca ini dilaksanakan di pagi hari sebelum pembelajaran dimulai, buku yang dibaca yaitu buku fiksi dan non fiksi, kegiatan pembiasaan membaca 15 menit terdapat tindak lanjut yaitu mengisi jurnal literasi serta menceritakan kembali buku yang sudah dibaca b. Kegiatan terjadwal wajib kunjung keperpustakaan, dilaksanakan secara bergantian tiap kelasnya, kegiatan ini dijadwalkan 1 bulan dua kali yakni minggu kedua dan minggu keempat dihari sabtu. 2) Pelaksanaan Gerakan Literasi yang dijalankan yaitu pembiasaaan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dan kegiatan terjadwal wajib kunjung ke perpustakaan dapat membentuk karakter siswa yaitu disiplin, tanggung jawab dan gemar membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Madrasah, Pembentukan Karakter, Disiplin, Tanggung Jawab, Gemar Membaca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:41
Last Modified: 21 Jan 2022 03:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6523

Actions (login required)

View Item View Item