HUBUNGAN PENERAPAN TEKNIK ASK THE WINNER DAN METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN BERTANYA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS VII DI MTS NAHDLATUL MUSLIMIN UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Akrom, Muhammad (2016) HUBUNGAN PENERAPAN TEKNIK ASK THE WINNER DAN METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN BERTANYA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS VII DI MTS NAHDLATUL MUSLIMIN UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui teknik ask the winner dan kemampuan bertanya peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) di MTs Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus (2) untuk mengetahui hubungan teknik ask the winner terhadap kemampuan bertanya peserta didik (3) untuk mengetahui hubungan metode diskusi terhadap kemampuan bertanya peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) di MTs Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus (4) untuk mengetahui hubungan teknik ask the winner dan metode diskusi secara simultan terhadap kemampuan bertanya peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) di MTs Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MTs Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus yakni pada ruang lingkup kelas VII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas VII A, VII B dan VII C sejumlah 130 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 95 peserta didik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis data penelitian menggunakan analisis statistik yaitu korelasi sederhana, korelasi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penerapan teknik ask the winner, metode diskusi dan kemampuan bertanya dalam kategori baik masing-masing sebesar sebesar 86, 59, dan 76. 2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penerapan teknik ask the winner dengan kemampuan bertanya sebesar 0,99 dalam kategori sangat kuat 3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara penerapanmetode diskusidengan kemampuan bertanya peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI), sebesar 0,811 dalam kategori sangat kuat 4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penerapan teknik ask the winner dan metode diskusi dalam kemampuan bertanya peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI), sebesar 0,990 dalam kategori sangat kuat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik ask the winner; metode diskusi dan kemampuan bertanya peserta didik
Subjects: Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2017 04:49
Last Modified: 18 Feb 2017 04:49
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item View Item