Sya’diyah, Maimunatus (2021) Penerapan Metode STEAM (Science, Technology, Engineering, Art And Mathematics) dalam mengembangkan Kreativitas Berfikir Kritis dan Life Skill pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Masyithoh Kudus. Masters thesis, IAIN Kudus.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (186kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (329kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (107kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (80kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
Abstract
STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) menjadi fokus terhadap pembelajaran terbaru di era abad ke 21. Keterampilan disiplin ilmu STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) yang dikenal dengan bagaimana penyesuaian masalah yang difokuskan seiring pesatnya perubahan pada dunia pendidikan terutama dengan menggali keterampilan-keterampilan yang dimiliki. Dalam pembelajaran STEAM (science, technology, engineering, art and mathematics) anak akan menghasilkan suatu produk atau karya sesuai dengan imajinasinya. Tujuan yang ingin dicapai peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan motode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) pada Anak Usia Dini serta untuk mengetahui tingkat kreativitas berpikir kritis dan life skill peserta didik pada pada Anak Usia Dini dalam menerapkan metode STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis pendekatan penelitian deskriptif. Data primer bersumber dari informan dan data langsung yang ditemui di lapangan, sedangkan data sekunder bersumber dari literatur-literatur yang berada di perpustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa:(1) Kurikulum 2013 PAUD dengan menggunakan tematik integrative dan pendekatan saintifik dapat dipadukan dengan metode pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics), karena pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan berbagai konteks dapat mendekatkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari atau tema yang dekat dengan dunia anak. (2) Pengaplikasian pembelajaran bermuatan STEAM dalam implementasinya di integrasikan pada bidang-bidang ilmu berdasarkan aplikasi di kehidupan keseharian anak melalui pendekatan saintifik yang memungkinkan peserta didik menjadi individu yang kreatif, inisiatif dan inovatif, sebab muatan STEAM merupakan pembelajaran dengan koneksi lintas disiplin.(3) Penerapan pembelajaran STEAM di RA Masyithoh Kudus merupakan pembelajaran untuk menyiapkan anak-anak pada masa yang akan datang, dengan menjadikannya lebih terstimulasi kreativitasnya, problem solving, dan kritisnya serta kemampuan life skill, komunikasi dan kolaborasi dengan temanya jauh lebih baik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode STEAM, Kreativitas Berfikir Kritis, Life Skill |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 04:41 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 04:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6543 |
Actions (login required)
View Item |