Analisis Kearifan Lokal dalam Bahan Ajar Buku Tematik untuk Siswa Kelas 5 SD/MI Semester Genap Terbitan Kemendikbud Tahun 2017 Revisi 2018

Rosidah, Maftukhatur (2021) Analisis Kearifan Lokal dalam Bahan Ajar Buku Tematik untuk Siswa Kelas 5 SD/MI Semester Genap Terbitan Kemendikbud Tahun 2017 Revisi 2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (480kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (200kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis kearifan lokal dalam bahan ajar buku tematik untuk siswa kelas 5 SD/MI semester genap terbitan kemendikbud tahun 2017 revisi 2018 meliputi a) konsep analisis kearifan lokal dalam bahan ajar buku tematik untuk siswa kelas 5 SD/MI semester genap terbitan kemendikbud tahun 2017 revisi 2018, b) strategi analisis kearifan lokal dalam bahan ajar buku tematik untuk siswa kelas 5 SD/MI semester genap terbitan kemendikbud tahun 2017 revisi 2018 dan 3) komponen kearifan lokal dalam bahan ajar buku tematik untuk siswa kelas 5 SD/MI semester genap terbitan kemendikbud tahun 2017 revisi 2018. Buku cetakan Kemendikbud menjadi fokus utama penalitian ini karena bahan ajar berupa buku tersebut menjadi sumber belajar resmi yang dikeluarkan pemerintah dan menjadi pedoman utama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menganut pada jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis isi (content analysis). Dalam penggunaan teknik analisis tersebut peneliti membahas secara mendalam isi suatu informasi tertulis. Peneliti melakukan pencatatan secara rinci data-data yang ditemukan. Langkah awal yang dilakukan yaitu menjelaskan konsep analisis, kemudian strategi analisis yang digunakan, dan terakhir yaitu menganalisis komponen kearifan lokal yang terdapat pada buku ajar tematik untuk siswa SD/MI kelas 5 semester genap. Data yang didapatkan kemudian disajikan dalam bentuk tabel. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Peneliti memilih pendekatan ini agar memperoleh gambaran mendalam mengenai objek yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu teknik dokumentasi. Informasi diperoleh dari dokumen-dokumen buku ilmiah dan jurnal relevan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan telaah bahan-bahan kepustakaan dari objek penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu analisis kearifan lokal yang termuat dalam bahan ajar tematik kelas V tema 6-9 meliputi tarian daerah, permainan tradisional, tradisi daerah, lagu daerah, seni rupa daerah, makanan khas daerah, alat musik daerah, dan rumah adat daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kearifan Lokal, Buku Teks Tematik Siswa, SBdP
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:34
Last Modified: 26 Jan 2022 01:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6548

Actions (login required)

View Item View Item