Analisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SMA Kelas XI Terbitan Kemendikbud Tahun 2017

Shofiarohmah, Ifa (2021) Analisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SMA Kelas XI Terbitan Kemendikbud Tahun 2017. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (409kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (491kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (823kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (431kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (848kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (478kB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui: (1) Sistematika pemetaan kompetensi inti dan kompetensi dasar pada buku ajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SMA kelas XI terbitan Kemendikbud tahun 2017, (2) Materi pokok nilai-nilai moderasi beragama yang ada di dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA kelas XI terbitan Kemendikbud tahun 2017, (3) Muatan nilai-nilai moderasi beragama yang terkandung dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SMA kelas XI terbitan Kemendikbud tahun 2017. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research yang mencoba mendeskripsikan nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XI terbitan Kemendikbud tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis isi (content analysis) yaitu metode yang digunakan menganalisis isi dari sebuah buku kemudian membandingkan data yang satu dengan yang lainnya, lalu diinterpretasikan dan akhirnya diberi kesimpulan. Dari hasil analisis ditarik kesimpulan bahwa (1) Terdapat KI dan KD yang memuat nilai moderasi beragama dalam buku ajar PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XI, yaitu Kompetensi Inti sikap sosial (KI-2) dan Kompetensi Dasar pada KD-1.2, KD-1.6, KD-2.2, KD-2.3, KD-2.6, KD-2.8, KD-2.10, KD-2.11, KD-3.2, KD-3.6, KD-4.2.3, KD-4.4 dan KD-4.6. (2) Memiliki 11 bab yang memuat lingkup akidah akhlak, qur’an hadits, sejarah peradaban Islam, dan fiqih. 11 bab tersebut terdapat 9 materi pokok yang mengandung muatan moderasi beragama dan 2 materi pokok yang tidak mengandung muatan moderasi beragama. (3) Muatan nilai-nilai moderasi beragama yang terdapat dalam buku ajar PAI dan Budi Pekerti SMA Kelas XI terbitan Kemendikbud tahun 2017 berbentuk dua macam, yakni tekstual dan kontekstual yang meliputi tawassuth, tawazun, I’tidal, tasamuh, musawah, syura, ishlah, awlawiyah, tathawwur wa ibtikar, tahaddhur. Muatan-muatan tersebut ada yang ditulis secara langsung (eksplisit) atau disisipkan dalam berbagai pernyataan (implisit), serta berupa kisah/cerita yang dikemukakan dalam pembahasan pada setiap babnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Moderasi Beragama, Buku Ajar, PAI dan Budi Pekerti
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:56
Last Modified: 26 Jan 2022 02:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6564

Actions (login required)

View Item View Item