Pengaruh Metode Gallery Walk terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Hasyim Asy’ari Kalipucang Wetan Welahan Jepara

Arifin, Zainal (2021) Pengaruh Metode Gallery Walk terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Hasyim Asy’ari Kalipucang Wetan Welahan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (585kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (548kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (715kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (897kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (276kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) Keterlaksanaan metode Gallery Walk di MA Hasyim Asy’ari (2) Hasil belajar siswa melalui pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MA Hasyim Asy’ari. (3). Pengaruh metode Gallery Walk terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MA Hasyim Asy'ari Kalipucang Wetan Welahan Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan, jenis penelitian menggunakan eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes pilihan ganda dengan jumlah 42 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yang berjumlah 42 terdiri dari 19 kelas eksperimen dan 23 kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan hipotesis bantuan program Spss v.16 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Metode pembelajaran Gallery Walk terlaksana termasuk dalam kategori sangat baik dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Searah Kebudayaan Islam kelas XI di MA Hasyim Asy’ari Kalipucang Wetan Welahan Jepara untuk kelas eksperimen dalam kategori baik yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 83 dan untuk kelas kontrol dalam kategori cukup yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 79. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran Gallery Walk terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MA Hasyim Asy’ari Kalipucang Wetan Welahan Jepara, dangan hasil t hitung yaitu 2,071 yang dibandingkan dengan t tabel 1,684. Hal ini berlaku ketentuan bahwa t hitung lebih besar dengan t tabel (2,071 > 1,684) dengan signifikansi 0,000 dengan persamaan regresi Y=80,83+2,65X. Maka dapat disimpulkan bahwa “ada” pengaruh yang signifikan pada penerapan metode Gallery Walk terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MA Hasyim Asy’ari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Gallery Walk, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:29
Last Modified: 27 Jan 2022 02:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6566

Actions (login required)

View Item View Item