Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Ekologi Kelas X MA Assyafi’iyyah Kayen

Rahayu, Ilmi (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Ekologi Kelas X MA Assyafi’iyyah Kayen. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (384kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (323kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (432kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran siswa kelas X pada materi ekologi menggunakan media animasi di MA Assyafi’iyyah Kayen (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi ekologi di MA Assyafi’iyyah Kayen (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh media pembelajaran animasi terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi ekologi kelas X di MA Assyafi’iyyah Kayen. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen semu dengan bentuk time series design karena pada penelitian ini terdapat perlakuan kepada sekelompok siswa untuk dijadikan subjek penelitian tanpa menggunakan kelompok kontrol atau kelompok pembanding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media animasi terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi ekologi di MA Assyafi’iyyah Kayen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MA Assyafi’iyyah Kayen yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes dan angket respon siswa. Pretest diberikan sebelum perlakuan untuk mengukur pemahaman awal siswa sedangkan posttest diberikan setelah diberikan perlakuan untuk mengukur pemahaman akhir siswa. Teknik analisis data hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis statistik Uji Wilcoxon dan respon siswa dengan analisis persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikasi p-value sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada perbedaan pada hasil posttest kelas sampel. pada Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh signifikan penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar kognitif siswa. Selanjutnya siswa memberikan respon positif dengan jumlah rata-rata persentase yang dijawab oleh responden adalah 60,87 masuk dalam kategori Sedang dengan range ( 13,2% - 86,8%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran video animasi dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi ekologi di MA Assyafi’iyyah Kayen dan memberikan respon positif terhadap media pembelajaran animasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Video Animasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:15
Last Modified: 27 Jan 2022 03:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6575

Actions (login required)

View Item View Item