Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Sikap Toleransi Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas VI di SD Negeri Rejosari 02 Mijen Demak

Ulfah, Eri Amalia (2021) Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Sikap Toleransi Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas VI di SD Negeri Rejosari 02 Mijen Demak. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (712kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (371kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (973kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (590kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (361kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB)

Abstract

Sikap toleransi yang terkandung dalam pembelajaran tematik dapat tercapai tujuan dan lebih bermakna kepada siswa jika seorang guru melibatkan siswa secara langsung baik itu secara fisik maupun imajinatif dengan menggunakan media pembelajaran. Sikap toleransi yang terkandung dalam buku tematik pada sekolah dasar memuat banyak hal, diantaranya adalah sikap menghargai kepada orang lain, bekerjasama, senang membantu, senang berteman, bersikap setara, hidup rukun, dan kebebasan menjalankan ibadah. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VI SD Negeri Rejosari 02 Mijen Demak yang berjumlah 27 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket dan dokumentasi dengan pengujian hipotesis menggunakan bantuan progam SPSS versi 23. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskritif dan analisis statistik inferensial untuk pengujian hipotesis. Adapun hasil yang diperoleh adalah: (1) penggunaan media video animasi pada pembelajaran tematik kelas VI dalam kategori baik adalah sebesar 74% atau 20 siswa dan dalam kategori sedang adalah sebesar 26% atau 7 siswa; (2) Sikap toleransi siswa kelas VI yang termasuk dalam kategori tinggi didapatkan sebesar 74% atau 20 siswa, dan sebesar 26% atau sebanyak 7 siswa memiliki sikap toleransi dalam kategori sedang; (3) perhitungan dari t hitung adalah 2,466. Pengujian hipotesis ditetapkan dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dengan derajat kebebasan (degree of freedom) dk = n – 2, sehingga didapatkan t tabel 2,060. Maka nilai t hitung > t tabel (2,466 > 2,060), sehingga Ho di tolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh penggunaan media video animasi terhadap sikap toleransi siswa pada pembelajaran tematik tema 2 persatuan dalam perbedaan kelas VI di SD Negeri Rejosari 02 Mijen Demak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, video animasi, sikap toleransi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jan 2022 06:57
Last Modified: 27 Jan 2022 06:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6583

Actions (login required)

View Item View Item