Implementasi Total Quality Management (TQM) Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidik di MAN 1 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021

Bahara, Muhammad Nasim (2021) Implementasi Total Quality Management (TQM) Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidik di MAN 1 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (390kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (322kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (755kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (409kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (314kB)

Abstract

Sebagai salah satu tantangan penting yang dihadapi oleh lembaga pendidikan, bagaimana mengelola sebuah mutu. Oleh sebab itu, keberadaan TQM memberikan suatu makna dan standar mutu dalam pendidikan. Ia memberikan suatu filosofis perangkat alat untuk memperbaiki mutu. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) mendeskripsikan perencanaan Total Quality Management (TQM) di MAN 1 Jepara sehingga pada akhirnya dapat diketahui bagaimana perencanaan dan manajemen madrasah tersebut. 2) mendeskripsikan penerapan Total Quality Management (TQM) di MAN 1 Jepara dalam rangka peningkatan mutu pendidik. 3) Mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan TQM terhadap peningkatan mutu pendidik di MAN 1 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan sumber data primer meliputi kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data ada empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi TQM dalam upaya peningkatan mutu pendidik dilihat 3 (tiga) yaitu : 1) Perencanaan total quality management di MAN 01 Jepara telah dilaksanakan dengan baik, dalam perencanaannya terdapat lima hal yang dilakukan, yaitu identifikasi pelanggan, identifikasi kebutuhan pelanggan, standar pelayanan, analisis kebutuhan sarana dan prasarana, dan analisis kebutuhan biaya. 2) pelaksanaan total quality management telah berjalan dengan baik. Terdapat tiga hal dalam penerapannya, yaitu fokus pada pelanggan, keterlibatan total, dan komitmen. Penerapannya sudah berjalan cukup baik dengan selalu diadakannya pertemuan secara berkala dengan guru dan staf, serta orang tua, dibinanya kerjasama antara guru dan siswa diluar jam pelajaran, dan adanya tugas pokok dan fungsi sesuai job description masing-masing. 3) evaluasi pelaksanaan total quality management telah dilaksanakan dengan baik. Fungsinya untuk mengukur dan mengontrol, Kepala sekolah selalu mengontrol jalannya pembelajaran, dan adanya rapat evaluasi. Evaluasi secara berkala juga dilakukan dalam bentuk supervisi, serta adanya workshop dan pelatihan-pelatihan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: TQM, Mutu, Pendidik, Pelanggan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jan 2022 01:56
Last Modified: 28 Jan 2022 01:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6587

Actions (login required)

View Item View Item