Implementasi Pendidikan Life Skills Bagi Santriwati Pondok Pesantren Darul Falah Be-Songo Ngaliyan Semarang

Muhazzaroh, Khoirotul (2021) Implementasi Pendidikan Life Skills Bagi Santriwati Pondok Pesantren Darul Falah Be-Songo Ngaliyan Semarang. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (934kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (596kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (741kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (361kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB)

Abstract

Pendidikan life skills merupakan sebuah kecakapan yang dimiliki oleh seseorang yang berguna untuk menghadapi problem dimasyarakat maupun sebagai upaya menemukan solusi dan ide dengan menciptakan hasil atau sebagai pelatihan keterampilan yang bermanfaat bagi santri maupun masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi pendidikan life skills bagi santriwati Pondok Pesantren Darul Falah Be-Songo Ngaliyan Semarang. (2) dampak atau hasil implementasi pendidikan life skills bagi santriwati Pondok Pesantren Darul Falah Be-Songo Ngaliyan Semarang. (3) faktor pendorong dan faktor penghambat implementasi pendidikan life skills bagi santriwati Pondok Pesantren Darul Falah Be-Songo Ngaliyan Semarang. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu meneliti langsung ke tempat penelitian. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), Penarikan Kesimpulan (Verivication). Berdasarkan hasil penelitian dari peneliti, maka peneliti mengemukakan bahwa: 1) pelaksanaan pendidikan life skills di Pondok Pesantren Darul Falah Be-Songo Ngaliyan Semarang merupakan salah satu program pesantren guna meningkatkan kualitas skills atau keterampilan santri baik itu skills afektif, kognitif, maupun psikomotor. Adapun materi-materi yang didapatkan yaitu Kecapakan Hidup Yang Bersifat Umum (General life skills) meliputi: kecapakan Mengenal Diri (Personal Skills), Kecakapan Berfikir Rasional (Thinking Skills), serta kecakapan Vokasional. 2) Dampak penerapan pendidikan life skills menciptakan santri yang berkualitas dan multi talenta dalam segala, untuk berfikir secara efektif dan kritis dalam berbagai permasalahan yang menyangkut pendidikan, serta dapat mengapresiasi para santri. 3) faktor pendukung dan penghambat, untuk faktor pendukung pelaksanaan pendidikan life skills diantaranya, kurikulum yang terpadu, struktur dasar kurikulum, sarana prasarana dan pendidik yang ahli. Faktor penghambat pelaksanaan pendidikan life skills diantaranya, waktu, sifat malas santri mengikuti pembelajaran dan suasana kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Life Skills, Pondok Pesantren
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:12
Last Modified: 28 Jan 2022 02:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6592

Actions (login required)

View Item View Item