Implementasi Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA MA Matholi’ul Huda Sokopuluhan Pucakwangi Pati Tahun Pelajaran 2020/2021

Fitriyani, Linda (2021) Implementasi Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA MA Matholi’ul Huda Sokopuluhan Pucakwangi Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (687kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (691kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (414kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (833kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi metode resitasi dalam pembelajaran Biologi siswa kelas X MIA MA Matholi’ul Huda Sokopuluhan Pucakwangi Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Peningkatan aktivitas belajar Biologi siswa melalui metode resitasi kelas X MIA MA Matholi’ul Huda Sokopuluhan Pucakwangi Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi metode resitasi dalam meningkatkan aktivitas belajar Biologi siswa kelas X MIA MA Matholi’ul Huda Sokopuluhan Pucakwangi Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualititatif, sesuai dengan obyek kajian, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan dan mengambil lokasi di MA Matholi’ul Huda Sokopuluhan Pucakwangi Pati. Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Objek keabsahan data menggunakan beberapa cara yakni pengamatan, tringulasi dan juga menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Implementasi metode resitasi pada mata pelajaran Biologi siswa kelas X MIA MA Matholi’ul Huda Sokopuluhan Pucakwangi Pati sudah berjalan dengan baik dan cukup efektif. Implementasi metode resitasi sudah sesuai dengan tahap-tahap pemberian tugas menurut para ahli. (2) Aktivitas belajar siswa pada pembelajaran biologi menjadi meningkat dengan adanya implementasi metode resitasi. Hal tersebut dibuktikan dengan siswa melakukan 8 indikator jenis aktivitas belajar sebelum dan setelah adanya metode resitasi. (3) Faktor pendukung berupa komunikasi guru dengan siswa dalam mengerjakan penugasan sedangkan faktor penghambat berasal dari teman sebaya, kekuatan sinyal internet yang kurang optimal sehingga akan menyebabkan pembelajaran kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode resitasi, aktivitas belajar, pembelajaran biologi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:39
Last Modified: 28 Jan 2022 02:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6601

Actions (login required)

View Item View Item