Ummah, Niril (2021) Tatbiq Thoriqoh Al-Intiqoiyyah Fii Tahsin Al qodroti 'ala Hafadh mufrodat Al lughoh Al arobiyah ladaa at tholab Al fashl as sabi' Al madrodat Hasyim as'ari 03 bikudus sannah ad dirosiyah 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (387kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (366kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (651kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (368kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (420kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (279kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan metode eklektik dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab, untuk mengetahui kendala-kendala dalam penerapan metode eklektik dalam penguasaan mufrodat bahasa arab dan untuk mengetai peran metode eklektik dalam pengasaan mufrodat bahasa arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari 03 Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 M. Penilitian ini adalah penelitian lapangan atau filed research, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Subjek utama penelitian adalah guru bahasa Arab, siswa kelas VII. Sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan Metode Eklektik dalam pembelajaran Mufrodat di madrasah. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis desriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau perkataan dari guru dan siswa serta pengamatan kegiatan pembelajaran sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu, Penerapan Metode Eklektik terbilang berjalan baik sesuai dengan konsep dan langkah-langkah dari metode Eklektik yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa-siswi yang ada di kelas VII Madrasah hasyim asyari. Sedangkan kendala mendasar yang dirasakan siswa dalam menghafal mufrodat disebabkan karena keadaan Psikologi dan Sosiologis siswa. Sementara peran metode ini membantu guru untuk membuat siswa menjadi lebih tertarik, antusias dan semangat belajar bahasa Arab, khususnya semangat dalam menghafal mufrodat dan menjawab latiha-latihan soal bahasa Arab yang diberian. Munculnya metode Ekletik ini merupakan kreativitas para pengajar bahasa asing untuk mengaktikan proses belajar mengajar bahasa asing. Metode ini memberi kebebasan kepada mereka untuk menciptakan variasi metode. Tujuan metode ini jelas sekali, yaitu pendekatan pembelajaran bahasa Arab untuk materi bahasa yang merupakan sebuah pendekatan yang sangat sempurna serta sesuai bagi orang mslim yang belajar bahasa. Pada dasarnya metode ini bisa menjadi sangat ideal jika didukung ole penguasaan pelajar yang memadai terhadap berbagai macam metode, sehingga dapat mengambil secara tepat segi-segi kelebihan dari setiap metode dan menyesaikannya dengan kebutuhan program pembelajaran bahasa Arab yang ditangani dan menerapannya secara profesional. Penggabungan metode-metode ini dapat ditempuh melalui memperpende durasi waktu antara latihan manipulasi dan latihan komunikatif, memodifikasi bahan ajar seperti menggeser materi gramatika dari model deduktif menjadi induktif, dari pengetahuan menjadi penerapan. Bentuk penggabungan yang lain bisa berupa penambahan porsi latihan yang kongkrit
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Eklektik, Kosa Kata Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 03:19 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 03:19 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6608 |
Actions (login required)
View Item |