Potret Pembelajaran Biologi Di Madrasah Aliyah Swasta Di Eks Karesidenan Pati

Hidayati, Siti Nur (2021) Potret Pembelajaran Biologi Di Madrasah Aliyah Swasta Di Eks Karesidenan Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (783kB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (574kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (714kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (243kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran daring dan efektivitas biologi secara daring di Madrasah Aliyah swastadi eks karesidenan Pati. Penyebaran Covid-19 telah mengubah semua aktivitas dunia termasuk negara Indonesia, terutama dalam bidang pendidikan. Pemerintah menetapkan pembelajaran dengan sistem daring namun banyak keluhan yang dirasakan siswa. Keluhan tersebut diantaranya koneksi jaringan internet, borosnya kuota, dan kurang memahami materi. Provinsi Jawa Tengah dibagi menjadi 6 eks karesidenan salah satunya adalah karesidenan Pati yang meliputi 5 kabupaten diantaranya; kabupaten Blora, Rembang, Pati, Kudus, dan Jepara. Jumlah sekolah swasta lebih banyak dari sekolah negeri. Alasan memilih sekolah swasta adalah meski belum menjadi sekolah negeri sekolah swata tetap aktif dan berprestasi meski dalam pembelajaran sistem daring. Subjek penelitian ini adalah siswa IPA kelas XI dan guru mapel biologi di 5 Madrasah Aliyah swasta di eks karesidenan Pati yang sudah melaksanakan pembelajaran sistem daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket, wawancara secara langsung dan tidak langsung serta dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis mengikuti model analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran sistem daring dapat terlaksana dengan baik mulai dari pembukaan, tahap inti penyampaian materi dan pemberian tugas, serta penutup. Terlihat dari 8 indikator efektifitas pembelajaran daring diperoleh hasil 6 indikator menyatakan pembelajaran daring sudah efektif. Jadi dapat di simpulkan pelaksanaan pembelajaran daring sudah terlaksana dengan baik dan efektif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi data dan bahan evaluasi kebijakan pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Efektivitas Pembelajaran Daring
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jan 2022 03:36
Last Modified: 31 Jan 2022 03:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6610

Actions (login required)

View Item View Item