Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Di MA Darul Huda Pamotan Kabupaten Rembang

Musa, Mohammad (2021) Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Di MA Darul Huda Pamotan Kabupaten Rembang. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (420kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (843kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (403kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (722kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)

Abstract

Tujuan pemelitian adalah mendeskripsikan implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan motivasi kerja dan kinerja guru di MA Darul Huda Pamotan Kabupaten Rembang yang meliputi: 1) Konsep implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan motivasi kerja dan kinerja guru, 2) Perencanaan implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan motivasi kerja guru, dan 3) Implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan motivasi kerja dan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif studi kasus. Lokasi penelitian adalah MA Darul Huda Pamotan, Rembang. Subyek dan informan dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, tim supervisi, dan guru MA Darul Huda Pamotan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Analisis data dilakukan dengan teknik: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) verifikasi dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan motivasi dan kinerja guru di MA Darul Huda Pamotan Kabupaten Rembang, yaitu penerapan praktik supervisi klinis yang dilakukan pihak supervisor dalam hal ini kepala madrasah dan tim untuk meningkatkan motivasi dan kinerja guru MA Darul Huda Pamotan Kabupaten Rembang, yang meliputi 1) Konsep implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan motivasi dan kinerja guru di MA Darul Huda Pamotan Rembang ialah serangkaian proses yang dilakukan oleh tim supervisi dengan tujuan untuk membantu, memotivasi, memfasilitasi, melayani, dan membina guru dalam memperbaiki performa mengajarnya di kelas yang meliputi aspek-aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran, serta meningkatkan sikap-sikap positif guru terutama motivasi kerja dan kinerja guru dengan langkah-langkah tertentu yang sistematis sesuai karakteristik supervisi klinis; 2) Perencanaan implementasi supervisi klinis di MA Darul Huda Pamotan Rembang yaitu proses penyusunan perencanaan implementasi supervisi klinis di MA Darul Huda Pamotan dilakukan secara kolektif oleh tim supervisi; perencanaan supervisi tertuang dalam dokumen perencanaan yang meliputi progran supervisi, instrumen supervisi, dan jadwal pelaksanaan supervisi. Instrumen supervisi terdiri atas instrumen untuk pertemuan awal, observasi kelas, dan pertemuan akhir; dan 3) Implementasi supervisi klinis di MA Darul Huda Pamotan Rembang yaitu implementasi supervisi klins di MA Darul Huda Pamotan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pertemuan awal, tahap observasi kelas, dan tahap pertemuan akhir yang pada setiap tahapan pelaksanaan tersebut terdiri dari tiga bagian penting yaitu bagian pendahuluan, bagian inti, dan bagian penutup; sesuai karakteristik supervisi klinis dengan mengembangkan sikap-sikap positif guru untuk meningkatkan motivasi kerja dan kinerja guru

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: implementasi, supervisi klinis, motivasi kerja, kinerja guru
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jan 2022 03:43
Last Modified: 31 Jan 2022 03:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6612

Actions (login required)

View Item View Item