Ro’iz, Muhammad Ilham (2021) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa MTS Ma’rifatul Ulum Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (511kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (798kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (304kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (710kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (275kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (338kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa di Mts Nu Ma�rifatul Ulum, melalui pembinaan akhlak berdasarkan faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) peneliti menggali informasi dengan terjun langsung ke MTS NU Ma'rifatul Ulum Kec. Kaliwungu Kab. Kudus. Penelitian ini dengan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian kepala sekolah, guru akidah akhlak, siswa kelas IX sebagai data primernya, dan masyarakat sekitar serta literatur buku atau web-web, maupun skripsi terdahulu sebagai data sekundernya.Dalam penyusunannya, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi partisipatif, wawancara semiterstruktur,dan dokumentasi. Uji keabsahan data untuk mengetahui peran guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa dengan melakukan triangulasi kemudian menginterpretasikan kedalam karya tulis. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh hasil temuan diantaranya bahwa: Peran guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa di MTS NU Marifatul Ulum benar-benar terjadi dapat dilihat dalam upaya guru sebagai pendidik, guru sebagai teladan, guru berkata jujur dan pembiasaan bicara lemah lembut pada siswa. Akhlak merupakan tatanan norma atau tata aturan yang di terapkan untuk mengatur perbuatan manusia tentang baik atau buruk dan boleh maupun tidaknya perbuatan tersebut dilakukan. Faktor yang mempengaruhi akhlak meliputi faktor keluarga, sekolah, dan lingkungan. Adapun implementasi pembinaan akhlak melalui penegasan tata tertib, pembiasaan budaya Islami, memperkuat jati diri dengan pembinaan akhlak siswa. Tiga strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlak meliputi; strategi contoh teladan, strategi praktik langsung, strategi pelatihan bertahap. Faktor pendukung meliputi suri tauladan Nabi Muhammad SAW, keinginan sendiri untuk belajar, motivasi dari guru akidah akhlak, motivasi teman. Faktor penghambat kurang disiplin bagi waktu, latar belakang yang tidak mendukung, kurang nyaman dengan aturan yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Akidah Akhlak, Nilai-Nilai Akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 03:01 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 03:01 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6641 |
Actions (login required)
View Item |