Pengembangan E-Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Bentuk Aljabar

Hikmah, Nailil (2021) Pengembangan E-Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Bentuk Aljabar. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (840kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (398kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (415kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (628kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (761kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (678kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (403kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (494kB)

Abstract

Bahan ajar matematika yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam akan lebih menarik bagi siswa. Pasalnya dengan pengintegrasian tersebut, siswa akan mengetahui bahwa matematika berkaitan dengan nilai-nilai agama dan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul (electornic module) matematika terintegrasi nilai-nilai Islam berbasis pendekatan saintifik pada materi bentuk aljabar yang valid dan menarik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar angket uji kelayakan dan angket respon kemenarikan peserta didik terhadap produk. E-modul matematika ini diuji kelayakannya oleh tiga ahli yaitu ahli materi dengan perolehan (nilai rata-rata) akhir 3,79, ahli agama 3,9 dan ahli media 3,53. Ketiga hasil uji kelayakan produk tersebut masuk pada kriteria “layak”. Sedangkan uji respon terdapat dua kali pengujian yaitu uji kelompok kecil dengan perolehan rata-rata 3,27 dan uji kelompok lapangan 3,30. Kedua hasil uji respon tersebut masuk pada kriteria “sangat menarik”. Artinya dalam beberapa aspek yaitu kelayakan isi, kebahasaan, kemanfaatan, dan kegrafikan e-modul dapat menumbuhkan ketertarikan siswa untuk menggunakannya. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk e-modul matematika ini valid, menarik dan dapat digunakan untuk pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Integrasi Nilai-Nilai Islam, Pendekatan Saintifik, dan Bentuk Aljabar
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:39
Last Modified: 04 Feb 2022 04:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6657

Actions (login required)

View Item View Item