Shofiati, Chilyah (2021) Minat Belajar Siswa di SMAN 1 Karanganyar Demak dalam Proses Pembelajaran Online Berbasis Aplikasi Microsoft Teams pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (492kB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (186kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (314kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (366kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (213kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (358kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (193kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan membangun sistem pembelajaran yang efektif, menarik, interaktif dan hasil yang baik. Dengan demikian pendidikan agama islam, dapat beradaptasi dengan perkembanga teknologi dan mampukah sebuah teknologi atau media aplikasi dapat memberikan dan berkontribusi dalam menangani problem atau kejenuhan dan kesulitan serta minat belajar siswa karena sering terjadi disekolah umum tingkat SMA untuk mengikuti pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran online berbasis aplikasi microsoft teams pada pembelajaran pendidikan agama islam dan minat belajar siswa dalam pembelajaran online berbasis aplikasi microsoft teams pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Karanganyar Demak. Jenis dan pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Sampel penelitian yang digunakan siswa kelas X MIPA 3 yang berjumlah 36. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan wawancara dan obervasi (pengamatan) dalam proses pembelajaran menunjukkan bahwa aplikasi microsoft teams dapat diakses dengan mudah serta memudahkan dan berkontribusi dalam menangani problem atau kejenuhan dalam membangkitkan minat belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMAN 1 Karanganyar Demak karena meningkatnya minat ditandai dengan beberapa indikator diantaranya perasaan senang, keterlibatan, perhatian dan motivasi. Siswa turut serta aktif dalam kegiatan pembelajaran dan terlibat langsung dalam tanya jawab untuk memahami materi dari pada belajar mandiri, siswa dan guru tetap dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan efektif dan melakukan adaptasi terhadap pembelajaran online yang menyenangkan dengan adanya aplikasi microsoft teams. Minat belajar siswa karena adanya faktor pendukung dan faktor penghambat diantaranya adanya materi, pembelajaran dilakukan dengan bertatap muka sehingga ada guru dan siswa saling berinteraksi, adanya media atau sarana prasarana misal handphone, laptop, jaringan atau kuota data,dan materi yang menyenangkan. Jika itu semua tidak ada maka akan mempengaruhi minat belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Microsoft Teams, Minat Belajar, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 04:02 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 04:02 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6664 |
Actions (login required)
View Item |