Pengaruh Layanan Informasi Dalam Bidang Bimbingan Belajar Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI TAV di SMK Negeri 2 Kudus

Ruwaidah, Ruwaidah (2021) Pengaruh Layanan Informasi Dalam Bidang Bimbingan Belajar Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI TAV di SMK Negeri 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (219kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (277kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (303kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Layanan informasi merupakan layanan bimbingan dan konseling yang sudah diterapkan diberbagai sekolah, salah satunya di SMK Negeri 2 Kudus. Pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya bimbingan belajar untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh layanan informasi dalam bidang bimbingan belajar terhadap peningkatkan motivasi belajar pada siswa Di SMK Negeri 2 Kudus. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI TAV yang berjumlah 108 siswa, dengan sampel 72 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket motivasi belajar sebelum memperoleh data yang objektif, terlebih dahulu melakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Validitas instrumen dihitung dengan taraf signifikansi 5% atau rtabel = 0,329. Pengujian reliablitas menggunakan teknik Cronbach Alpha yang menunjukkan hasil 0,815, dengan demikian instrumen dikatakan reliabel. Hasil penelitian diperoleh dari hasil uji-t. Pada perhitungan uji-t diperoleh sebesar thitung= 85,015 > ttabel 2,028 dengan signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t ditarik kesimpulan bahwa layanan informasi dalam bidang bimbingan belajar dapat meningkatan motivasi belajar pada siswa kelas XI TAV DI SMK N 2 Kudus. Maka H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh layanan informasi dalam bidang bimbingan belajar terhdap peningkatan motivasi belajar pada siswa di SMK Negeri 2 Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi, Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:22
Last Modified: 09 Feb 2022 03:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6690

Actions (login required)

View Item View Item